Anggota DPD MPR RI Sambangi MAN 2 Model


Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) MPR RI, Drs. H.M. Sofwat Hadi, SH mengunjungi MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin dalam gelaran Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kepada generasi muda, khususnya siswa dan siswi Manda, Sabtu (27/02/16).

Kedatangan Senator RI asal Kalsel yang duduk selama dua periode ini disambut oleh Kepala Madrasah, Dra. Halimatussa’diyah, M.Pd, Wakil Kepala Bidang Humas, Hasbi Wayhie, M.Pd, tenaga pendidik dan kependidikan serta  ratusan siswa di madrasah tersebut.

Kepala Manda dalam sambutannya menyatakan pentingnya sosialisasi empat pilar negara tersebut di tengah krisis identitas bangsa yang semakin memudarkan bahkan menghilangkan  ruh berbangsa. “Kondisi kebangsaan kita tengah mengalami degradasi yang sangat jauh. Itulah sebabnya perlu diadakan penghayatan kembali terhadap nilai – nilai kebangsaan ini,” ungkap Kamad.

Sementara dalam paparan materinya, Sofwat Hadi menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara digali dari 5 sumber. Yakni nilai keagamaan, adat istiadat, kebudayaan, nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat dan perkembangan ideologi dunia pada saat itu.

“Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara serta sekaligus dasar filosofis sehingga setiap materi muatan peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” terang Sofwat.

Anggota DPD Utusan Kalsel ini juga menyampaikan beberapa kondisi kebangsaan masyarakat Indonesia saat ini. Menurutnya,  Pancasila memiliki nilai filosofis, tetapi tidak banyak difahami. “Sukarno mengatakan, sistem liberalisme maupun sosialisme tidak sesuai dengan kondisi Indonesia. Muhammadiyah dan NU sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia menyatakan Pancasila sebagai ideologi bangsa yang final,” jelasnya.

“Diharapkan, setelah sosialisasi ini masyarakat Indoensia kembali mengenal identitas bangsanya, mencintai dan kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari,” pungkas Sofwat.

Sosialisasi yang dipandu oleh Ahmad Syamsuri, S.Pd ini berformat diskusi dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta. Para siswa nampak antusias mengungkapkan sejumlah tanggapan dan pertanyaan untuk perubahan menuju Indonesia lebih baik.

Sosialisasi ini juga merupakan agenda wajib anggota DPD MPR RI yang di masa reses wajib mensosialisasikan Empat Pilar Negara saat mereka melakukan kunjungan kerja (kunker) ke konstituen atau dapil mereka masing-masing. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Simulasi UNBK Bahasa Inggris, Siswa Gunakan Headset
Next Siswa Manda Unjuk Kebolehan `Mahalabiu`

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.