Anggota Kelompok Studi Islam Ikuti MABIT


Banjarmasin – Manda, Sabtu (19/09/15) malam menjadi momen berharga bagi siswa siswi anggota baru Kelompok Studi Islam (KSI) Adz-Dzikra MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin, karena telah dilaksanakan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) dengan tema dari kegiatan MABIT yaitu “Renungan Untuk Makna Dan Tujuan Hidup Yang Sesungguhnya”.

Kegiatan MABIT tersebut diselenggarakan tidak hanya bagi siswa kelas X, tetapi diikuti pula oleh siswa kelas X dan XII serta alumni KSI. Adapun siswa yang berpartisipasi yaitu sebanyak 122 orang.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 17.00 Wita dihadiri oleh Pembina KSI Adz-Dzikra, Achmad Syamsuri, S.Pd dan diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan kegiatan MABIT. Dalam sambutannya, Syamsuri menjelaskan kegiatan seperti ini sebagai bentuk komitmen dakwah para siswa yang tergabung dalam wadah KSI untuk mensyiarkan Islam yang dikemas dalam segmen remaja.

“Kegiatan ini juga sebagai pembekalan aqidah dan tsaqofah Islamiyah yang diharapkan akan menjadi tameng dari arus pemikiran yang menyesatkan sekaligus sebagai pijakan untuk memperdalam ajaran agamaIslam dan pengamalannya dalam rutinitas harian,” ujar Syamsuri.

Selanjutnya, pengisian materi diawali dengan menyanyikan bersama Asmaul Husna oleh seluruh peserta MABIT, dengan sisipan video-video pendukung materi.

Acara MABIT pada malam hari diisi dengan melaksanakan shalat tahajud berjamaah. Shalat tahajud yang dilaksanakan sebanyak 4 rakaat 2x salam dan diakhiri dengan shalat witir 3 rakaat 1x salam yang dipimpin oleh Bahrani, M.Ag.

Selesai shalat tahajud, materi dilanjutkan dengan renungan qalbu, mengajak siswa siswi peserta MABIT untuk kembali mengintrospeksi diri terhadap setiap tindakan yang telah dilakukan selama ini.

Usai menunaikan shalat Subuh berjamaah, acara MABIT dilanjutkan dengan melaksanakan olahraga pagi. Tidak hanya peningkatan spiritual dan ruhaniahnya saja yang dilakukan, tetapi MABIT ini juga merangkaikan acara peningkatan kualitas jasmani siswa. Hal ini guna tercipta keseimbangan kualitas antara jasmani dan rohani peserta didik.

Kegiatan juga diselingi beberapa game (permainan) yang dilaksanakan di halaman depan Aula MAN 2 Model. Adapun permainan yang dilakukan meliputi permainan konsentrasi tebak kelipatan angka, permainan zip zap yang akan menebak teman di sebelahnya ketika ditunjuk, permainan oper karet gelang melalui pipet dan permainan cerita berantai.

Kemudian acara ditutup dengan doa, menandakan acara MABIT telah selesai. Sofia, salah seorang siswi kelas XI berharap berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada saat MABIT dapat bermanfaat bagi seluruh anggota. “Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kami khususnya anggota KSI Adz-Dzikra untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan kualitas iman, Islam, taqwa, dan ibadah kepada Allah SWT,” tuturnya. (Rep/ft : Taufik).

Previous Road Show Tausiyah Cinta Goes to School
Next Manda Raih 4 Piala dalam Lomba MTQ

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.