Belajar di Rumah, Siswa MAN 2 Banjarmasin Buat Video Pencegahan Covid-19


Banjarmasin (MAN 2 Banjarmasin) – Proses aktivitas belajar di rumah dan pembelajaran secara online memunculkan kreativitas siswa dan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin. Salah satunya adalah membuat video dengan konten edukasi mencegah penyebaran Covid-19.

Hal ini yang dilakukan oleh para siswa kelas XII Agama 2 dengan membuat tugas project berupa video text procedure dengan tema How to Protect Yourself from Corona Virus Infection untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Inggris.

Rina Arisyanti, S.Pd sebagai guru mapel Bahasa Inggris mengatakan bahwa dalam keadaan wabah Covid-19 dan situasi di Kotamadya masih dalam keadaan zona merah, pembelajaran siswa dilakukan secara daring atau online. “Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan tugas atau pembelajaran secara jarak jauh,” ujarnya saat dikonfirmasi via seluler, Sabtu (09/05/20).

Rina menceritakan bagaimana membuat siswa tidak merasa jenuh, bosan, atau terbebani dengan tugas-tugas yang diberikan, tetapi sebaliknya malah membuat merasa senang dalam menyelesaikan tugas tersebut. “Tugas untuk siswa yaitu membuat rekaman video atau tutorial yang percakapannya menggunakan bahasa Inggris sehingga dapat dinilai Pronounciation atau pelafalannya yang benar,”jelas Rina.

Tugas tersebut diselesaikan siswa selama satu pekan, dan dibuat melalui rekaman video dengan aplikasi bebas yang dipunyai siswa, kemudian ditampilkan di akun medsosnya masing masing. Tugas ini tambah Rina, dinilai untuk digunakan sebagai nilai praktek bahasa Inggris yaitu Speaking. “Harapannya agar siswa dapat berbagi hal positif di media sosial dengan penuh percaya diri,”tuturnya.

“Upaya yang dilakukan para siswa ini semoga dapat menggugah hati masyarakat untuk bersama-sama melawan penyebaran virus corona,” pungkas Rina.

Salah seorang siswi, Putri Yasmina Arrasyid mengaku senang bisa membuat video yang mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. “Meskipun tetap belajar dari rumah, kami tetap melakukan hal-hal positif dan produktif. Semoga wabah covid-19 bisa segera berakhir,” ujar siswi anggota English Club tersebut.

Penulis : Taufik
Foto : Rina

Previous Peduli Dampak Covid-19, MAN 2 Banjarmasin Salurkan Bantuan Paket Sembako
Next MAN 2 Banjarmasin Pantau Aktivitas Siswa dengan Buku Kegiatan Ramadhan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.