Biologi, Sosiologi dan Hadits Paling Banyak Dipilih Peserta UNBK


Banjarmasin (MAN 2 Model) – Mata pelajaran Biologi, Sosiologi dan Hadits menjadi subjek terbanyak yang dipilih para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari terakhir, Senin (08/04/19).

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Humas, M. Faruk, M.Sc, mengungkapkan di samping mata pelajaran wajib Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris, UNBK di MAN 2 Model juga mengujikan mapel pilihan untuk masing-masing peminatan MIPA, IPS dan Keagamaan.

“Untuk masing-masing peminatan, Biologi, Sosiologi dan Hadits merupakan mapel yang paling banyak dipilih siswa,” ujarnya.

Dari data, untuk peminatan MIPA sebanyak 146 siswa memilih mata pelajaran Biologi, setelah itu 27 siswa memilih Fisika dan 16 orang lain memilih Kimia. Di peminatan IPS, sebanyak 103 siswa memilih mata pelajaran Sosiologi, 6 siswa memilih Ekonomi dan 1 orang memilih Geografi. Sedangkan di peminatan Agama, 33 siswa memilih Hadits, 25 siswa memilih Fiqih, dan 15 siswa memilih Tafsir.

Menurut Faruk, mapel Biologi, Sosiologi dan Hadits banyak dipilih karena kemungkinan lebih mudah dan siswa lebih mengerti pelajaran tersebut. “Itu murni pilihan siswa. Diduga, pelajaran Biologi dinilai siswa lebih logis. Sedangkan untuk Sosiologi dipilih lantaran cenderung teoritis, tidak ada hitungan,” tutur Faruk.

Idealnya tambah Faruk, siswa memilih mapel sesuai potensi dan pilihan studi yang akan diambil di perguruan tinggi. “Jika memilih bidang teknik, siswa bisa memilih mapel Fisika. Siswa yang berminat memilih Fakultas Kedokteran atau jurusan lain yang berbasis alam bisa memilih Biologi,” imbuhnya.

Salah seorang siswa, Nur Annisa Aghnia mengaku memilih mata pelajaran Biologi karena materi pelajaran Biologi tidak terlalu horor dibanding Fisika atau Kimia. “Fisika sudah jelas banyak sekali hitungannya. Kimia harus mempelajari rumus-rumus. Kalau di Biologi jarang materi terkait angka-angka,” ungkap siswi kelas XII MIPA 1 tersebut usai sesi 1.

Sementara, Nanda Triana teman sekelasnya menimpali bahwa pelajaran paling sulit adalah Fisika. ”Kalau Fisika, rata-rata tidak berani ambil karena susah. Dan meskipun rumusnya pasti, jawaban kita sendiri yang tidak pasti,” ungkapnya sambil tersenyum.

Sementara, Siti Rahmah kelas XII IPS 1 memilih Sosiologi karena lebih mudah dimengerti. ”Kalau Geografi dan Ekonomi masih ada hitungan. Sosiologi lebih banyak teori-teori ilmu sosial yang bisa dihafal,” ujarnya. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Hari Terakhir UNBK, Penyelenggara UNBK Diwajibkan Isi Angket
Next UNBK Hari Terakhir, Kamad Larang Siswa Corat-coret dan Konvoi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.