Dekan FSP : Cerdaskan Kehidupan Bangsa Melalui Drama


Yogyakarta – MAN 2 Model. Dekan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Prof. Dr. Yudiaryani, M.A mengungkapkan seni drama atau teater menyumbangkan peranan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam memberikan nilai-nilai seni kepada generasi muda bangsa.

Menurut Dekan, seni pertunjukan teater sangat diperlukan karena di dalamnya ada penanaman nilai-nilai edukasi dan estetika yang berakar pada tradisi budaya bangsa.

“Hal itu sangat berguna bagi proses penanaman karakter dan jati diri bangsa,” ungkap Dekan ketika memberikan sambutan pada Opening Ceremony Festival Teater Remaja Nusantara (FTRN) ke-3 yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teater Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, di Concert Hall ISI Yogyakarta, Minggu (17/09/17) malam.

“Menang dan kalah dalam festival teater bukan hal yang utama. Sebab yang terpenting adalah terjalinnya silaturrahmi antar pegiat seni teater dan wadah berkarya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya.

Pembina Teater Tunas Banua Sutrisno, S.Pd yang turut menghadiri acara mengungkapkan pada FTRN ISI Yogyakarta, Teater Tunas MAN 2 Model Banjarmasin satu-satunya peserta yang mewakili madrasah di bawah Kementerian Agama. “Mohon doa dan dukungan semua warga madrasah, semoga kami bisa membawa harum nama madrasah sekaligus daerah,” harapnya.

Opening ceremony dihadiri Pembantu Rektor III ISI Yogyakarta, Anusapati MFA, Pembantu Dekan III FSP, Joanes Catur Wibono, M.Sn, Dekan FSP, Ketua Jurusan Teater Dr. Koes Yuliadi, M. Hum, Ketua HMJ Maulana Hamdan Syakura, para mahasiswa dan penikmat teater.

Acara turut dimeriahkan musik pembukaan orkestrasi etnik oleh mahasiswa etnomusikologi, paduan suara jingle FTRN, mini orchestra, persembahan tari dan Fashion Show dari seluruh peserta FTRN 2017.

Festival berlangsung 15 s.d 22 September dan diikuti sebanyak 16 peserta grup teater dari 12 provinsi se-Indonesia memperebutkan aneka tropy dalam berbagai kategori dengan para juri nasional yaitu Landung Simatupang, Joned_Suryatmoko dan Nanang Arizona.

Festival juga akan dimeriahkan dengan puluhan pengisi acara hiburan dan stand-stand menarik setiap harinya. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Karnaval FTRN, MAN 2 Model Tampilkan Pakaian Adat Banjar
Next Teater Tunas Banua Siap Pentaskan Nyonya dan Nyonya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.