Info Sekolah
Sabtu, 19 Jul 8747
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
28 Juli 2017

Dinas Kesehatan Ambil Sampel Jajanan di Kantin MAN 2 Model Banjarmasin

Jum, 28 Juli 2017 Dibaca 56x Berita Manda

Banjarmasin – MAN 2 Model. Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin melakukan pengambilan sampel jajanan yang di jual di kantin MAN 2 Model Banjarmasin, Kamis (27/07/17).

Dikesempatan itu, Analis Kesehatan Dinkes Kota Banjarmasin Nur Afrida Rosvita, SKM mengungkapkan pengambilan sampel jajanan dilakukan secara random untuk mengetahui kelayakan segala jenis jajanan, baik berupa makanan ataupun minuman.

“Sampel jajanan akan dikirim ke laboratorium untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya,” jelasnya. Afrida menambahkan dalam uji laboratorium, sampel jajanan diuji dengan sejumlah parameter.

Diantaranya apakah jajanan itu mengandung zat berbahaya seperti borak, formalin, rodhamin, siklamat, methanyl, yellow, bakteri air dan bakteri makanan dalam jajanan sekolah.

Diakuinya, kendati pengambilan sampel jajanan secara rutin, namun masih saja ditemukan pelaku usaha di sekolah yang mencampurkan zat-zat berbahaya. Misalnya, pengawet hingga zat pewarna yang seharusnya digunakan untuk industry tekstil.

“Karenanya pengawasan jajanan di kantin juga harus melibatkan pihak sekolah guna mengawasi peredaran makanan yang mengandung zat-zat berbahaya sebab akan membahayakan siswa siswi yang mengonsumsinya,” sarannya.

Menanggapi hal tersebut, pihak madrasah diwakili Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Hj. Fathiah, S.Ag, S.Pd.I, MA mengaku pihak madrasah sudah melakukan imbauan dan sosialisasi kepada pemilik usaha di kantin madrasah untuk menjual jajanan sehat dan tidak mengandung zat berbahaya.

“Selain itu makanan yang dijual di kantin disyaratkan harus terjaga kebersihannya, ditutup untuk menghindari segala macam bakteri, lalat dan juga debu,” pungkasnya. (Rep/ Ft : Taufik)

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MAN 2 Kota Banjarmasin

NPSN 30315579
Jalan Pramuka Komplek Semanda RT 20 No 28
TELEPON0511-3258164
EMAILman2kotabjm@gmail.com
WHATSAPP081521515513

Pengumuman

Terbit : 18 April 2024
Penerimaan Calon Peserta Didik Baru Jalur Prestasi dan Ma’had
MAN 2 Kota Banjarmasin merupakan satu-satunya madrasah di Kota Banjarmasin yang ditetapkan oleh Kementerian Agama..