Dua Siswa MAN 2 Model Banjarmasin Wakili Kalsel di Ajang FOR ke-9


Banjarmasin – MAN 2 Model. Dua orang siswa MAN 2 Model Banjarmasin bersama 5 siswa SMA lainnya terpilih menjadi delegasi Provinsi Kalimantan Selatan pada ajang Forum Pelajar Indonesia (FOR) ke-9 yang digelar Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) pada 23 s.d 27 Juli 2017 lalu di Jakarta.

Lolos dari ribuan peserta, merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi kedua pelajar MAN 2 Model Banjarmasin Muhammad Yasser Arafat dan Nazwa Anaz Tasya.

Saat ditemui di sela aktivitas belajarnya, Jum’at (04/08/17), Nazwa Anaz Tasya menuturkan dirinya tidak pernah membayangkan bisa berkumpul, bertukar pikiran dan berkarya bersama dengan ratusan pelajar dari 32 Provinsi di Nusantara.

“Seluruh peserta juga diajarkan untuk lebih memahami dan menjunjung tinggi perbedaan. Karena itu adalah semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Nazwa, panggilan akrab siswi kelas XII MIA 1 tersebut menjelaskan Forum Pelajar Indonesia merupakan forum tahunan yang melibatkan 250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum tersebut membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia.

“Hasil yang diharapkan dari event nasional ini adalah agar seluruh delegasi memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar sehingga menjadi agen perubahan dan duta promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing,” tambahnya.

Terkait proses seleksi, Nazwa menceritakan dirinya terpilih setelah melalui beberapa tahap proses seleksi dari video dan essay yang dikumpulkan. Proses registrasi dan penjurian sendiri dilakukan pada Februari s.d April 2017 dengan salah satu persyaratannya adalah membuat 3 essay dengan tema profil diri, motivasi mengikuti FOR 9, dan Sinergi Pelajar untuk Indonesia, serta video berdurasi maksimal 1 menit dengan tema Bangga Menjadi Indonesia yang Beragam.

“Saya dan delegasi Kalsel lainnya berharap akan lebih banyak lagi pelajar di Kalsel yang berminat dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ini di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Sementara Kepala MAN 2 Model Banjarmasin Riduansyah, M.Pd berharap melalui kegiatan FOR 9 tersebut para delegasi pelajar Kalsel utamanya dari MAN 2 Model Banjarmasin bisa menciptakan berbagai keterampilan sehingga mereka bebas mengembangkan diri diberbagai bidang.

“Puncaknya para delegasi pelajar harus menjadi pelopor dalam mencintai Indonesia bersama-sama dengan melakukan aksi-aksi kecil namun nyata dan berdampak besar,” harap Kamad mengakhiri. (Rep: Taufik/ Ft: Yasser)

 

Previous Habib Ajak Siswa Teladani Akhlak Para Ulama dan Pejuang
Next Kontingen AKLE 2017 MAN 2 Model Menuju Yogyakarta

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.