Info Sekolah
Sabtu, 03 Des 2022
  • Penerimaan Calon Peserta Baru Online insya allah akan dibuka tanggal 18-23 April 2022
28 Agustus 2018

Gelar Sosialisasi, Ombudsman Kalsel Harap Partisipasi Siswa

Selasa, 28 Agustus 2018 Kategori : Kehumasan

Banjarmasin (MAN 2 Model) – Ombudsman RI berharap partisipasi aktif dari peserta didik untuk berkonsultasi dan menyampaikan pengaduan terkait permasalahan pelayanan publik yang ada di masyarakat.

Demikian disampaikan Asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalsel Zayanti Mandasari dan Benny Sanjaya, saat menyampaikan Sosialisasi dalam rangka “Ombudsman Goes to School” di Aula PSBB MAN 2 Model Banjarmasin, Selasa (28/08/18).

Dipaparannya, Zayanti Mandasari mengungkapkan kegiatan sosialisasi tersebut merupakan media edukasi terhadap tugas, fungsi dan kewenangan Ombudsman RI untuk memberikan informasi kepada siswa-siswi sejak dini tentang perlunya pengenalan dan pemahaman mengenai pelayanan publik, maladministrasi, dan Ombudsman sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik.

“Sehingga diharapkan siswa lebih peduli dan turut mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang ada di daerahnya,” sambungnya.

Sementara Benny Sanjaya menghimbau kepada 30 orang siswa yang berhadir jika menemukan permasalahan pelayanan publik agar disampaikan kepada Ombudsman Kalsel. “Kami terus mendorong agar partisipasi masyarakat khususnya para pelajar semakin bertambah dalam peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujarnya.

“Contohnya urusan surat menyurat, pungutan liar, penyalahgunaan wewenang bisa menjadi ruang untuk korupsi di sekolah,” kata dia.

Benny mengatakan untuk itu Ombudsman membutuhkan pihak sekolah untuk memerangi maladminstrasi yang selama ini terjadi. “Bila tindakan ini ditemukan silakan melaporkan ke kita,” pesannya mengakhiri.

Sebelumnya, Kepala MAN 2 Model Riduansyah, M.Pd menyambut baik kehadiran Ombudsman RI yang sudah memberikan arahan tentang tata cara dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Dia berharap paparan yang diberikan Ombudsman dapat mengubah pelayanan agar lebih baik. “Secara kelembagaan, ke depan akan kita jalin komunikasi yang baik dengan Ombudsman sehingga apa yang kita harapkan tentang pelayanan publik terwujud dengan baik,” kata Kamad.

Salah seorang peserta Heni Handayani berharap sosialisasi tersebut dapat menumbuhkan kesadaran siswa akan bahaya praktik maladministrasi dan korupsi. Forum ini sekaligus menjadi wadah bagi kalangan pelajar untuk mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan maladministrasi dan korupsi. Termasuk sanksi yang akan diterima.

“Kami sangat mendukung Sosialisasi Ombudsman ke sekolah-sekolah, demi tercipta generasi yang sadar dan memahami bahaya maladministrasi, cikal bakal tindak pidana korupsi,” pungkas siswi kelas XI MIPA tersebut. (Rep/ Ft: Taufik)

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Penerimaan Calon Peserta Didik Baru Jalur Prestasi
Pendaftaran dilaksanakan secara online pada tanggal 18 s.d 23 April 2022 simak informasi lebih lanjut..

Info Sekolah

MAN 2 Kota Banjarmasin

NSPN : 30315579
Jalan Pramuka Km.6 RT.20 No.28 Komplek Semanda
TELEPON 0511-3258164
EMAIL man2kotabjm@gmail.com
WHATSAPP +6285249883558 (humas)
Desember 2022
M S S R K J S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031