Guru Matematika MAN 2 Model Jadi Pemakalah Sendimat 2017


Banjarmasin – MAN 2 Model. Salah seorang tenaga pendidik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin, Desy Arnita Dewi, M.Sc menjadi pemakalah bertaraf nasional pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Sendimat) ke-5 yang diselenggarakan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika D.I Yogyakarta, 21 s.d 22 November 2017.

Keikutsertaan Guru Matematika MAN 2 Model tersebut berdasarkan pemanggilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) PPPPTK Matematika melalui Surat Panggilan Sendimat ke-5 Nomor 1603/B10.3/PP/2017 tanggal 13 November 2017.

Ketika dikonfirmasi melalui Whatsapp, Desy mengungkapkan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memberi kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan untuk mempresentasikan makalah melalui seminar di sesi pararel dan mempublikasikan makalahnya dalam bentuk prosiding. Berdasarkan hasil review full paper oleh Scientific Committee, dirinya bersama 33 pemakalah terpilih sebagai pembicara sesi pararel yang mendapat pembiayaan dari PPPPTK Matematika.

Pada sesi seminar, dirinya mempresentasikan makalah berjudul Strategi Pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs menggunakan Patung Liriks sebagai alat peraga memahami Perkalian Matriks. Model pembelajaran tersebut dipilih, jelas Desy karena melibatkan peserta didik aktif sejak dimulainya pembelajaran, yakni untuk meyakinkan dan memastikan siswa dapat memperagakan keterampilan atau prosedur.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan, penerapan model pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs menggunakan Patung Liriks dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika Materi Perkalian Matriks. “Karenanya, dalam pembelajaran Matematika, guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, juga menggunakan media yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan,” anjurnya.

Di tempat terpisah, Kepala MAN 2 Model, Riduansyah, M.Pd menyambut baik partisipasi sebagai Pemakalah serta mengizinkan tenaga pendidik MAN 2 Model tersebut untuk mengikuti Seminar Tingkat Nasional itu. “Kami berharap setelah pulangnya nanti guru MAN 2 Model yang bersangkutan dapat berbagi ilmu yang didapat serta berbagi pengalaman terutama bagi guru bidang studi Matematika yang ada di MAN 2 Model Banjarmasin,” ungkap Kamad.

Seperti dirilis melalui web resmi, tujuan penyelenggaraan Sendimat ke-5 tersebut untuk mendorong dan memfasilitasi pembinaan karier guru dan tenaga kependidikan Matematika, memfasilitasi ruang dialog bagi sivitas akademika, pendidik (guru, widyaiswara, dosen), dan tenaga kependidikan Matematika untuk berbagi pengalaman dan bersinergi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan Matematika. Selanjutnya mengupayakan terwujudnya budaya ilmiah di lingkungan pendidik dan tenaga kependidikan Matematika, serta sebagai upaya implementasi penguatan pendidikan karakter di Indonesia. (Rep: Taufik/ Ft: Desy)

Previous MAN 2 Model Boyong Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Matematika
Next Wakamad Kesiswaan Apresiasi Aneka Prestasi Siswa MAN 2 Model

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.