Habib Ajak Siswa Teladani Akhlak Para Ulama dan Pejuang


Banjarmasin – MAN 2 Model. Habib Idrus bin Muhammad Alaydrus mengajak para siswa dan siswi MAN 2 Model Banjarmasin untuk meneladani akhlak para ulama dan tokoh pendiri bangsa.

Pimpinan Majelis Rasulullah SAW Jawa Timur tersebut menekankan kepada para siswa untuk bercermin kepada para ulama yang telah memberi contoh terbaik dan teladan yang agung. Mereka orang-orang yang pantang menyerah, rela berkorban dan tanpa pamrih.

“Berkat para ulama dan pejuang bangsa yang membuat negara Indonesia merdeka dan menjadi negara yang berdaulat,” tuturnya saat memberikan Tausiyah Agama pada kegiatan Jum’at Taqwa Keluarga Besar MAN 2 Model Banjarmasin, di halaman madrasah Jum’at (04/08/17).

“Para ulama seperti Pangeran Diponegoro, Tuanku Imam Bonjol, hingga Hasyim Asy’ari sudah mencontohkan dan berdiri di garda terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.

Di kesempatan itu, Habib Idrus juga mengajak para siswa untuk menjaga amanah pada ulama dan pendiri bangsa dengan tekun menuntut ilmu pengetahuan dan mengaplikasakan ilmu yang dapat. Namun disampaikan Habib, ilmu saja tidak cukup, penerapannya harus dibarengi dengan akhlak. “Inilah yang disebut integrasi ilmu dan akhlak,” lanjut Habib.

Sebelumnya, Kepala MAN 2 Model Riduansyah, M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya membentuk karakter atau watak serta perilaku siswa melalui kegiatan-kegiatan spiritual keagamaan. “Melalui kegiatan Jum’at Taqwa yang terjadwal, diharapkan sikap dan perilaku anak didik akan menjadi lebih baik,” tutur Kamad.

Kegiatan Jum’at Taqwa di MAN 2 Model Banjarmasin berlangsung hikmat dari pukul 07.30 s.d 08.30 Wita dan dihadiri Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan serta seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII dengan mengenakan busana putih-putih.

Di kegiatan tersebut juga terkumpul dana infaq sebesar lebih 2 juta rupiah dari jamaah untuk penyelesaian pembangunan Mesjid Adz-Dzikra MAN 2 Model yang masih memerlukan uluran tangan para dermawan. (Rep/ Ft : Taufik)

Previous Selamat Jalan Kawan, Kami Percaya Pada Anda
Next Dua Siswa MAN 2 Model Banjarmasin Wakili Kalsel di Ajang FOR ke-9

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.