Habib Idrus Ingatkan Siswa Dampak Negatif Zaman Now


Banjarmasin (MAN 2 Model) – Habib Idrus bin Muhammad Alaydrus mengingatkan peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin untuk mengekspresikan dirinya secara positif melalui media sosial.

“Penggunaan teknologi yang terlalu dini tanpa diimbangi pemahaman etika dan akhlak, siswa ‘zaman now’ rentan terjerumus dalam perilaku negatif,” ungkap Habib Idrus dalam tausiyahnya pada kegiatan Jum’at Taqwa yang dilaksanakan di halaman madrasah setempat, Jum’at (07/09/18).

Pimpinan Majelis Rasulullah SAW Jawa Timur tersebut menuturkan generasi ‘zaman now` sebenarnya adalah generasi yang cerdas dan sudah melek teknologi. Namun, jika tanpa pendampingan dan pendidikan yang memadai, generasi ini akan terjerumus dalam bayangan negatif dilihat dari sisi moral dan etika.

“Mereka terkontaminasi oleh teknologi di zaman now yang bisa lihat di media sosial. Mereka membuat status, upload foto atau unggah video semata mata hanya untuk eksis atau mencari banyak followers,” ujar Habib.

Lebih lanjut, Habib berpesan agar para siswa pandai dan bijak menyikapi perubahan zaman. “Jika apa yang kalian lihat, dengar, dan amati adalah hal yang positif, maka yang kalian serap adalah hal positif yang tercermin dalam perilaku. Begitu pun sebaliknya,” pungkas Habib.

Sebelumnya, Kepala MAN 2 Model Riduansyah, M.Pd dalam sambutannya turut menekankan pentingnya seluruh warga madrasah untuk menyikapi media sosial secara arif. Daripada menyebarkan konten yang tidak jelas, yang kadang menimbulkan perpecahan maka lebih baik mengikuti aktifitas yang menunjang kreativitas.

“Pihak madrasah akan memfasilitasi kreativitas siswa bermedia sosial salah satunya nanti akan mengadakan lomba membuat film pendek,” terang Kamad.

Kegiatan Jum’at Taqwa tersebut dihadiri Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan serta seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII dengan mengenakan busana putih-putih.

Kegiatan diawali tepat pukul 07.00 Wita dengan pembacaan Surah Yaasin dan lantunan syair-syair Maulid Habsyi.

Di kesempatan yang sama juga diadakan pengumpulan infaq untuk renovasi Mesjid Adz-Dzikra MAN 2 Model yang hingga kini masih dalam proses penyelesaian. (Rep/ Ft : Taufik)

 

 

 

Previous MAN 2 Model Laksanakan Uji Kompetensi Akademik Puspendik
Next Keterampilan Otomotif Buka Layanan Servis Gratis

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.