Habib Idrus Tekankan Pentingnya Memilih Teman


Pertemanan dan pergaulan memiliki pengaruh yang sangat kuat untuk membuat seseorang menjadi baik maupun buruk. Pertemanan dan pergaulan dengan orang-orang yang saleh dan berbudi membawa manfaat, sedangkan persahabatan dan pertemanan dengan orang-orang yang fasik dan durhaka membawa bahaya.

Demikian disampaikan oleh Al-Habib Idrus bin Muhammad Alaydrus, Pimpinan Majelis Rasulullah SAW Jawa Timur ketika memberikan Tausiyah pada rangkaian kegiatan Jum’at Taqwa di Mesjid Adz-Dzikra MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin, Jum’at (05/02/16).

Al-Habib Idrus kemudian menyitir hadits Nabi SAW riwayat Tirmizi, Abu Dawud dan Ahmad. “Seseorang itu akan mengikuti agama sahabatnya, oleh karena itu setiap orang dari kalian hendaknya memperhatikan siapa yang ia jadikan sebagai teman,” ungkap Habib.

Tausiyah Habib Idrus disampaikan dengan lembut dan terkesan tidak menggurui, sehingga para siswa yang hadir nampak tekun menyimak apa yang beliau sampaikan.

Sebelum tausiyah ditutup, Habib Idrus berpesan kepada jamaah yang hadir agar menggunakan waktu luang sebaik mungkin, dengan menghadiri pengajian-pengajian, berbaur dengan orang-orang baik, memilih teman yang mengajak dalam kebajikan, dan menambah ilmu yang bermanfaat.

Lebih dari 900 orang siswa dan dewan guru yang hadir berpakaian putih-putih memadati ruang induk Mesjid Adz-Dzikra Manda untuk mengikuti rangkaian kegiatan, mulai dari pembacaan surah Yasin dan shalawat dan ditutup dengan do’a.

Dikonfirmasi usai kegiatan, Kamad Manda Dra. Halimatussa’diah, M.Pd berharap melalui Tausiyah yang disampaikan Habib Idrus, para siswa dan siswi Manda mesti pandai-pandai dalam memilih teman yang baik, shalih dan shalihah, yang benar-benar memberikan kecintaan yang tulus, selalu memberi nasihat, dan menunjukan kebaikan.

“Bergaul dengan orang-orang shalih/shalihah selain mendatangkan manfaat dan pahala yang besar, juga akan membuka hati untuk menerima kebenaran,” tutup Kamad. (Rep/Ft: Taufik)

 

Foto-Foto Terkait :

 

Previous MAN 2 Model Tuan Rumah MGMP Teknik Sepeda Motor Kalselteng
Next Manda Siap Gelar Karnaval Budaya Banjar

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.