Kamad: Kader KKR Harus Jadi Pelopor PHBS di Madrasah


Banjarmasin – MAN 2 Model. Kepala Madrasah (Kamad) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin Riduansyah, M.Pd berpesan agar para Kader Kesehatan Remaja (KKR) di MAN 2 Model harus berperan aktif menciptakan perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan Madrasah.

“Kader KKR di MAN 2 Model harus jadi pelopor PHBS di lingkungan Madrasah,” serunya saat memberikan Sambutan sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Kader KKR oleh Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MAN 2 Model di Aula PSBB, Rabu (22/11/17).

Kamad mengingatkan, para kader mempunyai peran penting dalam memelopori dan bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas kesehatan. “Hasil yang didapat dari Pelatihan ini harus dipraktikkan seluruh kader atas dasar kesadaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat,” ujar Kamad.

Senada Pembina UKS MAN 2 Model, Hj. Fathiah, S.Ag, S.Pd.I, MM mengungkapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kesehatan yang diberikan dan dilatihkan kepada kader KKR diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat. “Tidak hanya dimanfaatkan untuk diri sendiri, tetapi juga ditularkan kepada keluarga dan lingkungan sekitar,” tuturnya.

Menurut Fathiah, pihak UKS juga akan membina para siswa menjadi Kader KKR yang baik sehingga jika siswa sudah punya kegiatan yang positif, maka akan bisa terhindar dari pengaruh narkoba.

“Out put yang diharapkan Madrasah Sehat yakni, tingkat kehadiran siswa di madrasah 100 persen, potensi yang dimiliki siswa akan bisa dikembangkan, akan lahir Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang tinggi dan terhindar dari narkoba,” sebutnya.

Pelatihan KKR yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti 60 orang Kader kelas X dan XI serta diisi dengan materi-materi dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan Puskesmas Terminal Banjarmasin. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Siswa MAN 2 Model Juara Dua First Rank The 3rd International Events 2017
Next Siswa MAN 2 Model Rebut Juara 3 Lomba Cepat Tepat Akuntansi 2017

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.