Kehumasan dan Mitra Kerja


Bidang Kehumasan MAN 2 Model Banjarmasin menjunjung visi terwujudnya kehumasan yang mampu merancang dan menyampaikan berbagai informasi yang positif tentang MAN 2 Model Banjarmasin sebagai pusat keunggulan dan rujukan kualitas akademik, non akademik dan akhlaq al-karimah.
Seluruh kegiatan Humas diarahkan untuk mencapai misi : (1) Membangun budaya komunikasi berbasis data, riset, dan fakta, (2) Mengembangkan SDM kehumasan yang kompeten, (3) Menyelenggarakan kehumasan berkualitas dan berakhlaq al-karimah, (4) Mengembangkan sistem dan manajemen kehumasan yang profesional, (5) Menciptakan dan memelihara lingkungan yang sehat, kondusif, dan harmonis, (6) Meningkatkan peran serta stakeholders dalam pengembangan Kehumasan yang berkualitas, (7) Mewujudkan kerjasama yang harmonis antara madrasah dengan lembaga terkait dan lintas sektoral, serta (7) Mengembangkan jaringan kehumasan secara global.
Secara ringkas bidang pekerjaan Humas MAN 2 Model Banjarmasin meliputi : (1) Membangun hubungan baik dengan semua pihak baik internal maupun eksternal, (2) Menjalin kerjasama dengan pihak eksternal untuk pengembangan lembaga, (3) Menangkap dan menciptakan peluang kerjasama untuk mengakomodasi kepentingan civitas akademika MAN 2 Model Banjarmasin, (4) Membantu dan mendukung penggalangan dana bagi kepentingan lembaga MAN 2 Model Banjarmasin, (5) Membangun citra positif lembaga, (6) Merancang dan melaksanakan publikasi tentang berbagai macam kegiatan madrasah kepada masyarakat, (7) Merancang dan melakukan kegiatan dokumentasi, (8) Memberikan pertimbangan kehumasan bagi kebijakan madrasah, serta (9) Menjembatani interaksi antara tenaga pendidik dan kependidikan dengan pimpinan madrasah.
Untuk lebih mendorong pengembangan program dan layanan pendidikan, Humas MAN 2 Model Banjarmasin telah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta serta media relation dengan media cetak atau elektronik di Kalimantan Selatan.
Kerjasama dan kemitraan dengan lembaga pemerintah di antaranya adalah: Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pengairan dan Irigasi, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Banjarmasin, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarmasin, Puskesmas Terminal, Polsekta Banjarmasin, PMI Kota Banjarmasin, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin, PDAM Bandarmasih, IGI Kalsel, Ganesha Operation (GO), Primagama, PT. Telkomsel, Honda Trio Motor dan instansi lainnya.
Sementara Perguruan Tinggi yang menjadi mitra kerja MAN 2 Model Banjarmasin adalah IAIN Antasari Banjarmasin, Universitas lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Syekh Arsyad Al-Banjari dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Banjarmasin.
Untuk media relation, MAN 2 Model Banjarmasin sudah menjalin kerjasama yang baik dengan TVRI Kalimantan Selatan, Duta TV, Banjar TV, Kompas TV, RRI Banjarmasin, surat kabar harian Banjarmasin Post, Radar Banjarmasin, Kalsel Post, Media Kalimantan dan Media Publik.
Atas prestasi dalam publikasi berita di website Kementerian Agama Prov. Kalsel, pada tahun 2015, Humas MAN 2 Model Banjarmasin berhasil meraih penghargaan “Humas Award” kategori Humas Madrasah Aliyah Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.