Keterampilan Tata Boga Tugaskan Siswa Unggah Video Praktek Melalui Youtube


Banjarmasin (MAN 2 Banjarmasin) – Dalam rangka study from home, Keterampilan Tata Boga Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin tetap melatih keterampilan praktis peserta didiknya di bidang kuliner mengolah aneka jenis kue (pastry), dan kemudian mengunggah kreativitas mereka melalui laman Youtube.

Kepala Bengkel Keterampilan Tata Boga, Hj. Nadjmah Husnayani, mengungkapkan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang tata boga khususnya pembuatan kue berbahan dasar ubi atau singkong. “Ubi atau singkong merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat, namun sayangnya pengolahan bahan makanan tersebut selama ini kebanyakan hanya direbus atau digoreng, “ tutur Nadjmah ketika dikonfirmasi, Senin (11/05/20).

Belum ada inovasi olahan ubi atau singkong basah yang membuat tampilannya lebih menarik dilihat dan dirasakan. “Karenanya perlu kreasi hasil olahan basah ubi atau singkong yang menarik sekaligus meningkatkan daya jual,” ungkapnya.

Dari hasil praktik membuat makanan oleh para siswa ini, didapati beberapa kreasi olahan basah ubi dan singkong yang cukup baik. Para siswa juga melakukan presentasi tentang resep dan cara memasak makanan yang kemudian diunggah melalui laman Youtube mereka masing-masing.

Nadjim berharap, dengan adanya praktek kemahiran ini para siswa kelak mampu menerapkannya di bidang usaha dengan menjadi pengusaha di bidang kuliner yang sukses. “Semakin pesatnya perkembangan di dunia kuliner saat ini maka keterampilan tata boga menjadi salah satu pilihan bidang keahlian yang menjanjikan untuk para siswa,” paparnya lagi.

Salah seorang siswi, Nur Rizqi Abdiah mengaku senang karena bisa mempraktikkan langsung ilmu tata boga yang dimilikinya. “Jadi lebih produktif dan banyak waktu yang bisa digunakan untuk praktek mengolah jenis puding berbahan dasar ubi atau singkong,” ungkap siswa kelas X MIPA ini.

Dirinya mengaku  sangat antusias dalam pembelajaran praktik tata boga tersebut karena produk yang dia hasilkan wajib diunggah ke situs YouTube. “Presentasi videonya harus digarap serius karena akan ditonton oleh banyak orang melalui internet,” tambahnya.

Rizqi mengungkapkan, kesukaannya di bidang tata boga dimulai ketika dirinya sering diminta membantu ibunya memasak di rumah. Selain itu, ilmu tata boga ini bisa ia amalkan di kehidupan sehari-hari maupun sebagai lahan usaha di bidang kuliner.

Penulis : Taufik
Foto : Nadjmah

Previous MAN 2 Banjarmasin Pantau Aktivitas Siswa dengan Buku Kegiatan Ramadhan
Next PPDB Online Jalur Prestasi & Mahad Resmi Ditutup, Pengumuman Kelulusan 15 Mei 2020

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.