Info Sekolah
Sabtu, 19 Apr 5000
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
22 Mei 2015

KKR Manda Ikuti Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

Jum, 22 Mei 2015 Dibaca 89x Tak Berkategori

Sebanyak 30 siswa anggota Kader Kesehatan Remaja (KKR) MAN 2 Model Banjarmasin (Manda), mengikuti penyuluhan kesehatan reproduksi remaja yang diadakan Puskesmas Terminal, Jumat (22/05/15). Kegiatan yang dihelat di Ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tersebut dipandu 2 orang petugas dari Puskesmas Terminal, yaitu Hj. Subaikah dan Umi Dwi Ananda, serta dihadiri Taufikurrahman, selaku pembina UKS.
Dalam paparannya, Hj. Subaikah menjelaskan bahwa anak seusia SMA/MA pada umumnya sudah memasuki masa pubertas yang ditandai dengan mimpi basah pada laki-laki dan menstruasi pada perempuan. Sehubungan dengan hal tersebut, baik laki-laki maupun perempuan, harus memperhatikan banyak hal  berkaitan dengan keamanan dan kesehatan organ reproduksinya.

“Dalam hal menjaga keamanan organ reproduksi, para siswa yang telah memasuki masa puber harus lebih hati-hati dalam pergaulan. Diharapkan kalian tidak mengalami ‘kecelakaan’ pada masa belajar sehingga kelak dapat sukses dalam meraih masa depan.,” ujarnya.
Sementara itu, Umi Dwi Ananda menambahkan bahwa remaja pada umumnya tidak memahami resiko-resiko seksual yang ditimbulkan oleh seks bebas. Remaja-remaja khususnya perempuan hanya takut pada resiko sosial seperti hamil di luar nikah. Padahal ada resiko-resiko lain yang sangat berat menyangkut kesehatan reproduksinya seperti tertular virus HIV dan Penyakit Menular Seksual (PMS).
“Salah satu cara agar virus HIV tak semakin meluas di kalangan remaja adalah dengan tidak melakukan seks pra-nikah apalagi seks bebas,” tutur Umi.
Di tempat terpisah, usai kegiatan, Pembina UKS Manda, Taufikurrahman berharap agar para kader KKR menjadi pelopor bagi teman sebaya tentang pentingnya kesehatan reproduksi remaja.
“Semoga melalui penyuluhan Kesehatan Reproduksi dari Puskesmas Terminal ini dapat lebih memotivasi siswa-siswi untuk terus belajar dan mengukir prestasi sebaik mungkin,” harap Taufik lebih lanjut. (Rep/ft: Taufik)

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

9 Komentar

selama buhan pian (tim humas manda) aktif merilis berita ke kanwil kemenag propinsi maka web kita akan update terus..tinggal merekrut tim jurnalistik manda dari kalangan siswa ja lagi..

Semoga dengan kegiatan penyuluhan ini dapat mengingatkan kita pada bahaya dari pergaulan bebas yang sekarang marak di era globalisasi bisa mengakibatkan penyakit AIDS ataupun IMS.
Diharapkan untuk anggota KKR dapat juga membagi pengetahuannya kepada teman-temannya.
Semoga sukses KKR MAN 2 Model Banjarmasin ^^
Nama : Pertiwi Dewiyanti Puteri
Kelas : XI IPS 1

Semoga dengan diadakannya penyuluhan ini kita bisa mendapat pelajaran dan ilmu yang bermanfaat tentang kesehatan reproduksi,dan terapakan hidup sehat di lingkungan keluarga kita dan masyarakat. SEHAT ITU MAHAL!!!

Semoga dengan diadakannya penyuluhan ini kita bisa mendapat pelajaran dan ilmu yang bermanfaat tentang kesehatan reproduksi,dan terapakan hidup sehat di lingkungan keluarga kita dan masyarakat. SEHAT ITU MAHAL!!!
Muhammad Diki Alpian
XI IPS 1

Penyuluhan ini bagus untuk murid SMA agar tau bahwa bahaya nya penyakit AIDS ini
Nama : Annisa Fitria
Kelas : XI Agama

Penyuluhan yang bagus karna bisa menambah pengetahuan dan juga tau bahwa bahaya nya AIDS
Nama :Aulia Rizky
Kelas : XI Agama

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MAN 2 Kota Banjarmasin

NPSN 30315579
Jalan Pramuka Komplek Semanda RT 20 No 28
TELEPON0511-3258164
EMAILman2kotabjm@gmail.com
WHATSAPP081521515513

Pengumuman

Terbit : 18 April 2024
Penerimaan Calon Peserta Didik Baru Jalur Prestasi dan Ma’had
MAN 2 Kota Banjarmasin merupakan satu-satunya madrasah di Kota Banjarmasin yang ditetapkan oleh Kementerian Agama..