MAN 2 Banjarmasin Buka PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 secara Online


Banjarmasin (MAN 2 Banjarmasin) – Dalam rangka memutus penyebaran virus Covid-19, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 secara online.

Pendaftaran resmi dibuka untuk Jalur Prestasi dan Ma’had mulai Rabu (06/05/20) mendatang, begitu disampaikan Kepala MAN 2 Banjarmasin, Naimah saat dikonfirmasi melalui jaringan seluler, Senin (04/05/20). Ini disampaikan untuk menjawab banyaknya pertanyaan dari para orang tua/wali yang berkeinginan anaknya masuk di madrasah yang terletak di jalan Pramuka tersebut.

Kamad mengungkapkan bahwa tahun pelajaran 2020/2021 ini, MAN 2 Banjarmasin membuka penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan sistem online, dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 yang hingga kini masih meresahkan.

Ditambahkan Kamad, bagi para orang tua/wali yang sebentar lagi putera puterinya akan segera melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dapat memanfaatkan sistem pendaftaran siswa baru secara online. “Sistem ini cukup efektif karena calon peserta didik baru tidak perlu datang mendaftar langsung ke madrasah,” ujar Kamad.

Dengan sistem online ini, calon peserta didik baru langsung bisa melakukan input data dan kelengkapan lainnya melalui jaringan internet. “Karena input data langsung online di website PPDB MAN 2 Banjarmasin, jadi bisa diakses di manapun, termasuk di rumah,” tandas Kamad lagi.

Dikesempatan berbeda, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kesiswaan, Sitti Rostina, mengungkapkan dalam PPDB kali ini pihaknya menerima peserta didik baru melalui 2 jalur, yakni Jalur Prestasi dan Ma’had serta Jalur Reguler.

Jalur Prestasi didasarkan pada nilai rata-rata Raport semester 3 s.d 5 harus minimal 5 angka di atas KKM sekolah/madrasah untuk mata pelajaran PAI, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. “Atau memiliki prestasi dibuktikan dengan piagam penghargaan kejuaraan atau lomba, minimal tingkat Kota/Kabupaten,” tambahnya.

Untuk Jalur Ma’had, selain didasarkan pada nilai rata-rata Raport semester 3 s.d 5, juga diharuskan mengisi angket dan surat pernyataan bermaterai. “Ditambah mengirimkan video saat membaca Al-Qur’an dengan surah yang ditentukan,” jelas dia. Sedangkan Jalur Reguler, seleksi hanya melalui nilai rata-rata Raport semester 3 s.d 5.

Lebih lanjut Rostina menambahkan, PPDB Jalur Prestasi dan Ma’had akan dibuka sejak 06 Mei s.d 12 Mei, dan pengumuman kelulusan 15 Mei 2020. Sedangkan untuk Jalur Reguler dibuka mulai 11 Mei s.d 19 Mei 2020, dilanjutkan pengumuman kelulusan tanggal 06 Juni 2020.

Terkait alur pendaftaran, Rostina menjelaskan peserta didik lebih dulu membuat akun khusus melalui website https://ppdb.man2modelbjm.sch.id, kemudian mencetak formulir secara mandiri, mengupload file berkas melalui website, setelah lolos verifikasi peserta didik menunggu hasil kelulusan sesuai jalur yang akan diumumkan melalui website PPDB.

Penulis : Taufik
Foto : Taufik

Previous MAN 2 Banjarmasin Umumkan Kelulusan Siswa Secara Daring Melalui Website
Next Study From Home, Siswa MAN 2 Banjarmasin Buat Poster tentang Covid-19

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.