MAN 2 Banjarmasin Pantau Aktivitas Siswa dengan Buku Kegiatan Ramadhan


Banjarmasin (MAN 2 Banjarmasin) – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di rumah selama bulan suci Ramadhan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin melakukan pemantauan atau monitoring tingkat kerajinan siswa dalam menjalankan rutinitas ibadah melalui buku Kegiatan Ramadhan 1441 H.

Pembina Keagamaan MAN 2 Banjarmasin Ahmad Roziqin, S.Ag mengemukakan buku kegiatan Ramadhan berguna untuk membuat aktivitas siswa menjadi lebih terjadwal. Siswa menjadi lebih tahu apa yang harus mereka lakukan. “Apalagi, sebagian besar waktu puasa kali ini, dalam kondisi libur sekolah,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (09/05/20).

Menurut Roziqin, buku harian juga berfungsi untuk membuat evaluasi pendidikan pada ranah afektif yang selama ini terabaikan. Pihak madrasah dapat mengetahui sifat, karakter, dan perbuatan siswa yang tidak dapat dinilai dengan instrumen test objektif. “Dengan memanfaatkan buku harian Ramadhan dapat menilai sikap spiritual dan sosial siswa dengan baik,” jelasnya.

Ditambahkannya, di buku kegiatan Ramadhan tersebut berisi tentang kegiatan siswa dalam melaksanakan puasa, sholat 5 waktu, tadarus Al- Qur’an, tarawih, sedekah, zakat, infak dan mengikuti ceramah di rumah. “Saya berharap siswa dapat memberi laporan secara jujur kegiatan ibadah mereka dan dicatatkan dalam buku kegiatan mereka masing-masing,” tukasnya lagi.

Lebih lanjut kepada para wali kelas, Roziqin berpesan agar benar-benar memotivasi siswanya untuk mengisi buku laporan kegiatan ibadah yang sesungguhnya. “Semoga program ini bukan hanya sekedar catatan saja namun bisa menumbuhkan jiwa anak madrasah yang mencintai Allah dan bertakwa kepada-Nya,” pungkasnya.

Kepala MAN 2 Banjarmasin Dra. Naimah mengapresiasi buku Kegiatan Ramadhan tersebut karena bermanfaat memotivasi siswa untuk disiplin menjalankan ibadah wajib dan sunat di bulan Ramadhan, melatih siswa untuk jujur dan sebagai evaluasi amal harian.

“Mari kita bersama berlomba-lomba mengharap keberkahan di bulan Ramadhan yang mulia dan semoga wabah Corona yang melanda negeri kita segera musnah,” pungkas Kamad.

Sebelumnya, buku kegiatan Ramadhan 1441 H telah didistribusikan di awal Ramadhan lalu oleh pihak madrasah. Buku dibagikan kepada semua siswa kelas X dan XI melalui wali kelas atau perwakilan kelas masing-masing secara bertahap. Siswa yang datang diwajibkan memakai masker serta mematuhi protokol kesehatan demi menjaga keamanan dari penularan Covid-19.

Penulis : Taufik
Foto : Taufik

Previous Belajar di Rumah, Siswa MAN 2 Banjarmasin Buat Video Pencegahan Covid-19
Next Keterampilan Tata Boga Tugaskan Siswa Unggah Video Praktek Melalui Youtube

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.