MAN 2 Kota Banjarmasin Sharing Pengelolaan Perpustakaan dengan SMAN 1 Kintap


Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin menerima kunjungan SMAN 1 Kintap, Kamis (17/06/21) dalam rangka melakukan studi banding pengelolaan perpustakaan sekolah.

Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin menjadi perpustakaan rujukan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan setelah pada tahun 2020 memperoleh nilai akreditasi A dan mewakili provinsi Kalimantan Selatan pada lomba perpustakaan tingkat nasional tahun 2020.

Rombongan SMAN 1 Kintap berjumlah 12 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Kepala Perpustakaan, dan pengelola perpustakaan. disambut langsung oleh Kepala MAN 2 Kota Banjarmasin Bersama Kepala Perpustakaan dan jajarannya.

Dikesempatan itu Kepala MAN 2 Kota Banjarmasin Abdul Hadi, M.PKim menyambut baik kunjungan tersebut sebagai wadah untuk saling berbagi pengalaman dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. “Saya menganggap kunjungan kali ini sangat strategis untuk menjalin kerjasama antara dua sekolah yang dikelola oleh dua instansi yang berbeda,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Sekolah SMAN 1 Kintap, Aries Eko Wibowo, S.Pd, MM, mereka bersedia untuk selalu menjalin kerjasama dengan MAN 2 Kota Banjarmasin dalam berbagai hal dalam pendidikan. “Kunjungan kali ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengalaman dalam pengelolaan perpustakaan yang bisa kami adobsi untuk pengembangan perpustakaan SMAN 1 Kintap,” ujarnya.

Kepala Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin Hj. Fathiah, S.Ag, S.Pd, MA, dalam paparannya menjelaskan teknis pengelolaan perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin sehingga dapat memperoleh Akreditasi A dan dapat mewakili provinsi Kalimantan Selatan dalam Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat nasional.

“Kunci keberhasilan pengelolaan perpustakaan adalah komitmen yang baik dan dukungan dari semua komponen yang ada di madrasah,” tegasnya.

Selama kunjungan tersebut, rombongan melakukan observasi dan tanya jawab seputar pengelolaan perpustakaan. Berbagai informasi diberikan oleh pengelola perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin untuk bisa dijadikan bahan pengembangan perpustakaan SMAN 1 Kintap.

Penulis : Hadi
Foto : Hadi
Editor / Redaktur : yanti

Previous MAN 2 Kota Banjarmasin Laksanakan Daftar Ulang Peserta Didik Baru
Next Persiapkan PTM, MAN 2 Kota Banjarmasin Bentuk Gugus Tugas Covid-19

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.