MAN 2 Model Ajarkan Peserta Didik Jiwa Wirausaha


Banjarmasin – MAN 2 Model. Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin diperkenalkan cara berwirausaha, salah satunya dengan pengembangan keterampilan vokasional pertanian dan perikanan melalui budidaya ikan lele.

Guru Keterampilan Pertanian dan Perikanan, M. Asmo Sujarwo, SP saat mendampingi peserta didiknya pada kegiatan panen ikan lele di kolam tambak madrasah setempat, Jum’at (19/05/17) mengungkapkan ternak Lele yang dilakukan sekarang ini merupakan salah satu sektor yang nanti akan menjadi pendukung kewirausahaan.

“Modalnya sangat minim, dari Rp. 176 ribu siswa dibagi empat orang perkelompok. Kelompok ini nanti yang akan melakukan budidaya ikan,” katanya.

Tidak hanya budidaya ikan lele, siswa juga melakukan budidaya ikan nila, bawal dan ikan hias. “Biasanya kami hitung biaya produksi dengan hasil penjualan. Selisihnya itulah keuntungan yang diperoleh siswa. Untung buat siswa sebagai modal lagi,” jelasnya lagi.

Asmo berharap kegiatan budidaya lele tersebut terus berlanjut dan juga menjadi modal bagi siswa yang kelas lulus dari madrasah sebagai salah satu lahan usaha alternatif. Sementara Kepala MAN 2 Model Riduansyah, M.Pd yag turut mendampingi kegiatan berharap setelah panen, ikan-ikan tersebut bisa dipilah terlebih dahulu dan para siswa dapat belajar lebih dalam tentang cara berternak lele, yaitu bagaimana mengawinkan lele. “Harapannya kelanjutan budidaya ikan Lele di MAN 2 Model ini tidak bergantung pada bibit lele dari luar, namun melakukan pemijahan sendiri, bahkan bisa dipelajari cara pembuatan pakan ikan juga,” pungkasnya. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous PT. Astra Honda Motor Berbagi Ilmu di MAN 2 Model Banjarmasin
Next Kepala MAN 2 Model Tandatangani Naskah MoU dengan Tiga Instansi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.