MAN 2 Model Banjarmasin Dipastikan Melaksanakan UNBK


Salah satu madrasah favorit di Kalimantan Selatan, MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin dipastikan akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT), setelah dinyatakan lulus uji verifikasi tim dari Propinsi beberapa waktu lalu.

“MAN 2 Model tahun ini dipastikan menggelar UNBK. Hasil verifikasinya sudah lolos, SDM maupun sarana dan prasarananya sudah kita siapkan,” tutur Kepala Madrasah, Dra. Halimatussa’diyah, M.Pd ketika dikonfirmasi, Senin (01/02/16).

Sebagai madrasah pertama di Kalsel yang akan menyelenggarakan UNBK, Manda sudah melakukan sejumlah persiapan, mulai dari fasilitas komputer dan ruang, server, teknisi dan proktor, ketersediaan jaringan dan sambungan internet serta kelengkapan yang lain.”Yang tidak kalah penting adalah kesiapan mental siswa,” terangnya.

Pembekalan kesiapan mental siswa pun dilakukan madrasah dengan try out dan uji coba mengerjakan soal-soal latihan UN semi online. Materi-materi mata pelajaran dalam UN juga dimatangkan melalui les-les tambahan.

“Untuk jadwal Simulasi UNBK 2016 akan dimulai dari tanggal 9-26 Februari 2016. Jadwal Simulasi ini tergantung dari pihak Sekolah/ Madrasah masing-masing,” ungkap Kepala Madrasah.

Sedangkan untuk jadwal UNBK 2016 telah dijadwalkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pelaksanaannya kemungkinan serempak yaitu mulai tanggal 4 hingga 7 April 2016 dan Ujian Susulan UNBK 2016 dari tanggal 11 s.d 12 April 2016 untuk SMK. Sementara UNBK 2016 untuk SMA/MA tanggal 4 s.d 12 April 2016 serta Ujian Susulan 18 s.d 20 April 2016.

Kamad Manda berharap dengan pelaksanaan UNBK, tingkat kredibilitas hasil UN akan semakin baik sehingga indeks integritas juga semakin meningkat. Selain itu tentunya penggunaan UNBK lebih memudahkan siswa dalam pengerjaan soal UN tanpa harus bekerja manual.

“Mari kita sambut UNBK untuk SMA/SMK dan MA tahun 2016 dengan penuh semangat untuk hasil yang terbaik,” tutup Kamad optimis. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Kamad Imbau Tingkatkan Bobot dan Kualitas Berita
Next Siswa MAN 2 Model Banjarmasin Ikuti Seminar Kebangsaan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.