MAN 2 Model Banjarmasin Optimis Siswanya Lolos Audisi Syiar Anak Negeri


Banjarmasin (MAN 2 Model) – Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin yang tergabung dalam grup Az-Zahro Voice memberikan performa terbaik mereka pada ajang Audisi Syiar Anak Negeri Sesi II yang digelar Kementerian Agama, UIN Antasari dan salah satu TV swasta Metro TV, Sabtu (20/04/19) di Auditorium Mastur Jahri Kampus UIN Antasari.
Bersaing ketat lebih dari dua ratusan peserta lainnya se-Kalimantan, Az-Zahro Voice MAN 2 Model Banjarmasin berhasil masuk 10 besar. Sehingga berhak melaju ke tahap berikutnya, yaitu babak Audisi.
Pembimbing Az-Zahro Voice, Hj. Rahmawati, mengungkapkan Syiar Anak Negeri merupakan ajang pencarian bakat remaja untuk berdakwah. “Berdakwah bisa melalui media syiar maupun dengan syair. Bisa dalam bentuk ceramah, khotbah, dongeng islami ataupun nasyid,” jelasnya.
Hj. Rahmawati membeberkan, sebelum lolos tahap audisi, Az-Zahro Voice yang terdiri dari 5 personel yakni Rahmaniatul Murni Hayati, Imroatul Khasanah, Wahdatul Ramadhani, Humairo dan Norhayati tersebut telah lebih dahulu mengikuti seleksi online dengan mengirimkan video durasi 3 s.d 5 menit kepada panitia. Video tersebut berisi konten nasyid dan dakwah secara bergantian ataupun kolaborasi.
Menurut Rahmawati, Syiar Anak Negeri sesi II ini berbeda dengan sesi I tahun sebelumnya yang juga melibatkan murid jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada sesi ke II ini dikhususkan bagi siswa madrasah saja. “Ini akan membuka peluang lebih luas bagi anak madrasah di seluruh negeri,” ujarnya.
Dijelaskan Hj. Rahmawati, 10 grup peserta dari sekolah setingkat MA se-Kalimantan ini akan disaring dua grup untuk mendapatkan golden tiket untuk masuk audisi Syiar Anak Negeri tingkat Nasional.
Syiar Anak Negeri 2019 sendiri digelar di enam kota besar, yaitu Banjarmasin, Bandung, Semarang, Medan, Surabaya, dan Makassar.
“Tim juri akan melakukan seleksi, dan masing-masing kota dapat menentukan dua tim sebagai finalis yang akan berjuang di Jakarta. Jadi ada dua belas grup yang ikut tahap karantina, eliminasi, dan babak final di Jakarta,” paparnya.
Diakui Hj. Rahmawati, persiapan Az-Zahro Voice untuk mengikuti kegiatan Syiar Anak Negeri 2019 tergolong singkat. Meskipun demikian, grup yang dilatihnya tersebut bertekad dapat menorehkan prestasi yang membanggakan. “Insya Allah kami optimis anak-anak bisa mempersembahkan yang terbaik,” tukasnya.
Audisi Kota Banjarmasin diikuti 10 grup, yaitu MA Manbaul Ulum, Marunting Bavoice MAN Kota Waringin Barat, Zahro Voive MAN 3 Banjarmasin, B Tree Voice MAN Balikpapan, Alkautsar MAN Kota Waringin Timur, Azkiya Voice MAN Kapuas, D2Mansa MAN 1 Samarinda, Az-Zahro Voice MAN 2 Model Banjarmasin, Alkhatiri Voice MAN Kapuas, dan Assyubban Voice MA Darul Ilmi. (Rep: Taufik/ Ft: Rahmawati)

Previous Lepas Delegasi Olimpiade Sains, Kamad: Fathiah Perwakilan Madrasah Satu-satunya
Next 37 Siswa MAN 2 Model Ikuti Penjaringan Peserta Olimpiade Bahasa Arab

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.