MAN 2 Model Ikuti MTQ IAIN Antasari


Banjarmasin – Manda,  Sebanyak 12 orang siswa MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin didampingi  2 orang official mengikuti kegiatan Pembukaan Lomba Musabaqah Tilawah Al-Qur’an (MTQ) Tingkat SLTA yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengajian dan Pengkajian Al-Qur’an (LPPQ) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin, Kamis (17/09/15) siang di Aula Pusat Studi Bahasa IAIN Antasari.
Acara disambut hangat oleh peserta lomba yang mencapai 190 peserta dari 21 sekolah  tingkat SMA/ SMK dan MA di Kota Banjarmasin. Muhammad Fitri selaku Ketua Panitia mengatakan, acara ini  dilaksanakan dalam rangka Milad LPPQ ke-13.
“Rangkaian lomba MTQ ini ditujukan agar kita semua selalu mengingat Al-Qur’an dalam segala hal, terlebih lagi kalau mengingat perkembangan zaman, di mana budaya barat sudah masuk ke negeri tercinta,” ujar Fitri.
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, diwakili oleh Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Antasari Banjarmasin, Dra. Hj. Yuzaimah Magfirah, M.Pd.I  mengatakan, Al-Qur’an sudah seharusnya menjadi tujuan dan pedoman hidup manusia.
“Tantangan ke depan bagaimana agar generasi muda kita minimal dituntut untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, lebih-lebih kalau hafal dan mengerti makna serta bisa menafsirkan Al-Qur’an tersebut,” tambah beliau.
Zailani Aben, Ketua Umum LPPQ memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana atas kerja kerasnya sehingga acara ini dapat berjalan sukses, walaupun ada sedikit kendala, “Acara ini didukung penuh oleh rektorat baik berupa dukungan moril maupun bantuan materil serta tidak terlepas dari bantuan sponsor yang berpartisipasi demi kelancaran acara ini,” ujarnya.
Dia juga berharap agar acara ini dapat dipertahankan dengan tujuan utamanya yaitu menjunjung tinggi Al-Qur’an dan tujuan kedua adalah meningkatkan citra IAIN Antasari Banjarmasin.
Usai acara pembukaan, dilanjutkan Technical Meeting yang dipimpin langsung oleh masing-masing koordinator lomba dihadiri seluruh perwakilan dari sekolah yang menjadi peserta. Dalam kesempatan itu disampaikan dan dijelaskan tehnis lomba dan hal-hal lainnya yang terkait dengan seluruh lomba yang akan dipertandingkan.
Untuk diketahui, ajang Lomba MTQ LPPQ IAIN Antasari ini ada 5 cabang lomba yang dilombakan, masing-masing Lomba Tilawah, Tahfizh, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an dan Nasyid. Kegiatan lomba dilaksanakan dari tanggal 18 – 19 September 2015, dirangkai dengan Seminar Tahfizh dan Penutupan tanggal 20 September.
Dalam kegiatan ini  Manda Banjarmasin mengikuti semua cabang lomba, masing-masing untuk Lomba Tilawah diikuti siswa atas nama M. Rizqan dan Arini Karima, cabang Tahfizh atas nama Shofia Mawaddah dan Ghina Mulika.
Sementara di cabang Fahmil Qur’an terdiri dari tiga orang siswa yakni Farhannah, Fathia Qanita dan Sohibul Kahfi, di cabang Syarhil Qur’an ada tiga orang yaitu Abid Rahmatullah, Arini Karima dan Hikmah Rahmawati.
Terakhir pada cabang Nasyid ada lima orang siswi, masing-masing Farhannah, Fathia Qanita, Siti Annida Sarah, Nur Awla Hayatina, dan Fairusy Nur. (Rep / ft : Taufik)

Previous Manda Gelar Gerakan Sejuta Juta Koin Pelajar
Next Seperangkat Komputer Buat Tim Pemberitaan Manda

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.