MAN 2 Model Launching Galeri Edukasi Pasar Modal Syariah


Banjarmasin – MAN 2 Model. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 9 Kalimantan dan Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Banjarmasin meluncurkan “Galeri Edukasi Pasar Modal Syariah” bagi siswa MAN 2 Model, di Ruang Multimedia, Kamis (10/08/17).

Galeri Edukasi Pasar Modal Syariah di launching guna mendorong peserta didik agar lebih tertarik memahami saham dan investasi di pasar modal, yang pada gilirannya mampu berkompetisi akademik di bidang pasar modal secara sehat maka Sosialisasi dan Launching Galeri Edukasi Pasar Modal Syariah dihadiri Kepala MAN 2 Model yang diwakili Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Kepala Divisi Pasar Modal OJK KR 9 Kalimantan, Kepala Kantor BEI Perwakilan Banjarmasin, Kepala Cabang MNC Sekuritas, guru-guru bidang studi Ekonomi dan siswa siswi MAN 2 Model Peminatan IPS.

Disambutannya, Kepala Divisi Pasar Modal OJK KR 9 Kalimantan, Ali Ridwan mengungkapkan perlunya literasi pasar modal dan investasi bagi siswa. Melalui pasar modal dapat diketahui daya beli para penanam modal (investor) dan menjadi tolok ukur perekonomian suatu negara. “Bagi siswa melalui pasar modal bisa merencanakan masa depan dengan cerdas berinvestasi,” ujarnya.

Kepala Kantor BEI Perwakilan Banjarmasin Yuniar menjelaskan peluang berkarir di bidang pasar modal sangat luas, sehingga siswa perlu memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang pasar modal konvensional lebih khusus lagi saham syariah sehingga lebih memahami betapa pentingnya investasi.

“Kalau program galeri edukasi pasar modal Syariah ini berjalan di MAN 2 Model, maka ini terobosan baru, perdana dan satu-satunya di Kalimantan Selatan,” ujarnya Sementara Kepala MAN 2 Model yang diwakili Wakamad Kurikulum Desy Arnita Dewi, M.Sc menyambut baik sosialisasi dan launching Galeri Edukasi Pasar Modal Syariah di MAN 2 Model Banjarmasin.

Dikatakan Desy, meski pembelajaran mengenai pasar modal dan investasi bukanlah pembelajaran inti yang di ajarkan di sekolah, namun pasar modal dan investasi adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan perekonomian suatu negara. “Sehingga perlu ditanamkan keinginan untuk berinvestasi sejak dini,” tambahnya.

Terkait program, Pembina Klub Ekonomi MAN 2 Model Abdul Rasid, S.Pd menjelaskan galeri edukasi akan diselenggarakan satu kali dalam seminggu yakni Kamis jam 16.00 s.d 17.00 Wita. Peserta akan mendapat pengetahuan tentang investasi syariah di Pasar Modal dan Landasan Fiqih Investasi di Pasar Modal serta mekanisme transaksi saham syariah dengan menggunakan Sharia Online Trading System (SOTS).

Peserta didik juga akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan teknikal, informasi market update serta pengenalan Reksa Dana Syariah sebagai pengetahuan teknis dalam berinvestasi secara Syariah. “Setiap peserta didik akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti dengan rutin setiap kegiatan,” tambahnya lagi. (Rep/ Ft : Taufik)

Previous MAN 2 Kulon Progo, Objek Sasaran Studi Banding MAN 2 Model Banjarmasin
Next Stand Ekspo Kal-Sel Andalkan Kue Klepon Modifikasi dan Kain Sasirangan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.