MAN 2 Model Masuk dalam Profil Madrasah Indonesia


Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan buku Profil Madrasah Indonesia, baik dalam bentuk hard book maupun soft book (versi digital/ PDF). Hanya madrasah tertentu yang masuk dalam Buku Profil ini, di antaranya adalah MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin.

Dalam Kata Pengantarnya, Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phil.H.M. Nur Kholis Setiawan, MA mengungkapkan bahwa memperkenalkan profil madrasah-madrasah di Indonesia ke masyarakat umum merupakan langkah penting dalam membangun citra madrasah yang lebih baik.

“Bertambahnya minat masyarakat terhadap pendidikan Islam (baca: madrasah) merupakan bukti nyata atas meningkatnya kualitas dan mutu madrasah,” ungkap Nur Kholis. Meskipun begitu, lanjutnya, masyarakat perlu tahu secara keseluruhan tentang madrasah-madrasah di Indonesia sebagai modal pengetahuan mereka dalam mengapresiasi madrasah. “Buku ini terbit dalam rangka hal tersebut, “ ungkap Nur Kholis.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Hasbi Wayhie, M.Pd mengungkapkan, berdasarkan Profil Madrasah yang dirilis Direktorat Pendidikan Madrasah tahun 2015 tersebut, Manda merupakan salah satu MAN Model yang dinilai mempunya prestasi dan diversifikasi sebagai madrasah vokasional, bersama dengan MA Al-Irsyad Demak.

“Madrasah vokasional adalah madrasah yang berhasil mengembangkan keterampilan vokasional, seperti otomotif, tata busana, teknologi dan informasi, dan keterampilan vokasional lainnya kepada peserta didik madrasah,” jelas Hasbi ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (17/02/16).

Hasbi lebih lanjut menuturkan, Manda merupakan salah satu madrasah unggulan dan menjadi percontohan di kota Banjarmasin, ka¬rena memiliki enam jurusan kompetensi keahlian ke¬juruan, yaitu teknik sepeda motor, teknik elektronika, teknik komputer, tata busana, tata boga, dan perikanan.

Di sisi lain, dari enam jurusan kompetensi yang ada sepertinya jurusan teknik sepeda motor (otomotif) menjadi jurusan yang banyak diminati oleh siswa, karena selain prospek di masa depan, siap bekerja mandiri dan profesional. Wajar, jika banyak kalangan melirik untuk ikut mengembangkan otomotif di Manda seperti, PT. Astra Honda Motor dan PT. Trio Motor Banjarmasin. (Rep/ Ft: Taufik)

https://kalsel.kemenag.go.id/admin/pages/file/fotoberita/333670.jpg

Previous Tari Kreasi Dayak Meriahkan Puncak HUT Manda
Next Humas Manda Publikasikan Aneka Foto Lama

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.