MAN 2 Model Siapkan Simulasi UN Berbasis Komputer


Banjarmasin – Manda. Sejak resmi ditetapkan sebagai salah satu sekolah/ madrasah Pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan No. 274 Tahun 2015 tertanggal 18 November 2015, MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin mulai menyiapkan sarana dan prasarana penunjang.

Beberapa persiapan yang sudah dilakukan yakni penambahan perangkat komputer dan ruangan yang memadai. ”Kami sudah mempersiapkan sarana pendukungnya, mulai dari ruang ujian, perangkat komputer hingga kepada operator pelaksana, agar saat UNBK tiba para siswa MAN 2 Model sudah bisa mengikuti UN secara online,” kata Zainal Muttaqien, M.Pd.I, Koordinator TIK Manda ketika ditemui Humas, Senin (07/12/15).

Zainal menuturkan pihak madrasah telah menyiapkan kurang lebih 100 unit komputer untuk UNBK. Komputer-komputer itu menempati tiga ruang utama dan satu ruang cadangan, dilengkapi fasilitas Local Area Network (LAN) untuk menunjang pelaksanaan UNBK.

Selain itu, pihaknya juga telah membuat rencana antisipasi berkaitan dengan kemungkinan padamnya aliran listrik PLN. Agar proses ujian tidak terganggu saat listrik padam, madrasah akan menyiapkan mesin genset.

Kepala Manda Dra. Halimatussa’diah, M.Pd menambahkan, madrasah yang dipimpinnya siap menyelenggarakan UNBK 2016 dan komputer yang tersedia dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan 328 siswa peserta ujian di madrasahnya.

Selain persiapan sarana prasarana, menurut Kamad, madrasah juga akan menyiapkan para siswanya dalam menghadapi ujian. Untuk itu, serangkaian uji coba atau Simulasi UNBK akan dimulai pada pertengahan bulan Desember 2015. “Uji coba akan dilaksanakan pertengahan bulan Desember ini untuk tingkat Provinsi,” ujarnya.

Kamad juga mengatakan, UNBK lebih praktis dibanding ujian manual. Selain itu, sistem ini juga dapat mengurangi kemungkinan kecurangan. Meskipun ujian dengan komputer, Kamad tetap akan memberikan kertas buram kepada peserta ujian khususnya pada mata ujian yang membutuhkan perhitungan. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Peringati Hari Guru, Trio Motor Honda Berikan Servis Gratis
Next Habib Idrus Ajak Siswa Idolakan Rasulullah

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.