Manda Raih 3 Besar Olimpiade Matematika


Banjarmasin – Manda, Dua tim Olimpiade Matematika MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin, yang diwakili oleh masing-masing Fierda Ria Fairuz, Maulana Ahmad Muzakkir dan Hery Hermawan di grup 1 dan M. Rasyid Ridha, M. Syarasi dan Amalia Rahman di grup 2, berhasil meraih prestasi membanggakan yakni meraih Peringkat 3 Besar pada seleksi Olimpiade Matematika Wilayah X meliputi Kalsel, Kaltim dan Kaltara.

Meski dengan hasil ini kedua tim belum berhak maju ke tingkat Nasional, namun prestasi ini sudah cukup membanggakan. Pembimbing tim Olimpiade Matematika Manda Desy Arnita Dewi, S.Pd, M.Sc.  menjelaskan, seleksi Olimpiade Matematika (OPTIKA) diselenggarakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta serentak digelar 13 kota provinsi se-Indonesia pada 12-20 September 2015.

Seleksi ini bersifat beregu dan setiap regu sekolah/madrasah beranggotakan 3 orang dengan materi Teori Bilangan, Aljabar, Geometri, Peluang dan Statistika. Olimpiade matematika ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu MI/SD Islam, MTs/SMP Islam dan MA/SMA Islam. Masing-masing kategori terdiri dari 5 Tahap, yaitu Olimpiade tingkat Provinsi, Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) tingkat Provinsi, tingkat Pusat, semifinal dan Final.

Desy menambahkan, dalam mempersiapkan anak didiknya mengikuti lomba ini, dirinya membimbing secara intensif dengan memberikan soal-soal olimpiade. “Namun tim MAN 2 Model belum berhasil meraih juara 1 dan mendapat tiket ke Nasional. Tapi itu sudah merupakan kebanggaan, karena MAN 2 Model sudah menjadi wakil Kalsel,” ujar Desy.

Sementara itu, ditemui usai menerima penyerahan piala, Senin (21/09/15) Kepala  madrasah Dra. Halimatussa’diah, M.Pd merasa bangga atas prestasi peserta didiknya, karena mampu membuktikan sejajar dengan madrasah dan sekolah lain yang ada di Indonesia.

“Meskipun gagal melaju ke tingkat Nasional, ini bisa dijadikan pengalaman buat tim Olimpiade Matematika MAN 2 Model. Meskipun kalah, tapi pengalaman ini adalah guru yang paling berharga,” jelas Kamad. (Rep/ft : Taufik)

Previous PMR Manda Bagikan Masker Pelindung Kepada Siswa
Next MGMP Gelar Penyusunan Perangkat Pembelajaran

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.