Manda Siap Gelar UN Berbasis Komputer


Laboratorium TIKBanjarmasin-Manda, Berdasarkan keputusan Kementerian Agama tentang pelaksanaan UN. Ujian Nasional dilaksanakan serentak pada tanggal 13-15 April 2016. MAN 2 Model Banjarmasin ditunjuk menjadi salah satu Madrasah Aliyah pertama di Banjarmasin yang melaksanakan Ujian Nasional dengan sistem CBT (Computer Based Test).
Jika pada tahun lalu, UN dilaksanakan dengan sistem Paper Based Test (PBT), Ujian Nasional tahun ini MAN 2 Model Banjarmasin rencananya akan melaksanakan UN dengan sistem CBT. UN CBT yang dilaksanakan di Manda merupakan yang pertama kalinya di Banjarmasin untuk tingkat Madrasah Aliyah.
Pelaksanaan UN CBT sendiri merupakan model ujian berbasis teknologi. Siswa menjawab soal Ujian Nasional langsung di komputer. Hasil jawaban Ujian Nasional siswa, akan terkirim dan terkoneksi internet ke sistem data di panitia pusat Ujian Nasional. Tidak perlu lagi mekanisme pemindaian jawaban maupun pengumpulan berkas jawaban secara manual.
Hal baru memberikan pengalaman baru. Dalam pelaksanaan UN CBT ini masih ditemui isu-isu tentang teknis seperti gangguan jaringan yang menyebabkan penundaan. Penundaan tersebut mengakibatkan keresahan bagi siswa-siswi.
Hal ini diungkapkan oleh kepala MAN 2 Model Banjarmasin, yaitu ibu Dra. Halimatus Sa’diah, M. Pd pada upacara hari Senin (27/07), “MAN 2 ditunjuk menjadi madrasah pertama yang menggunakan sistem UN CBT. Kemungkinan Manda akan menambah kapasitas perangkat komputer dan koneksi jaringan internet yang baik untuk UN tahun depan. Diharapkan kepada siswa-siswi kelas XII untuk rajin belajar dan  menyiapkan diri sejak dini dengan mantap sebelum menjelang Ujian Nasional 2016”, ujarnya.

Ditulis oleh : Arisa Ermaya Devi, Eka Sri Hastuti, Fatimah Zahra, dan Rabiatul Adawiyah dari Kelas XII IPS 2

Previous Hari Terakhir Daftar Ulang Dipadati Peserta Didik
Next Tim DBL MANDA Siap Tanding

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.