MGMP Gelar Penyusunan Perangkat Pembelajaran


Banjarmasin – Manda, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kota Banjarmasin menggelar penyusunan perangkat pembelajaran 2015/2016 di MAN 3 Banjarmasin, Selasa (22/09/15).

Kegiatan MGMP diikuti 45 orang guru PAI dan Bahasa Arab dan dibuka secara resmi oleh Kepala MAN 3 Banjarmasin Drs. H. Abdurrahman, M.Pd. Dalam sambutannya, Kamad MAN 3 Banjarmasin menyampaikan, administrasi pembelajaran harus ada pada semua guru sebelum masuk kelas.

“Seorang guru mesti memahami dan terampil dalam membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan KTSP maupun Kurikulum 2013, guna meningkatkan mutu pembelajaran para siswa yang pada akhirnya meningkatkan mutu madrasah masing-masing,” ujarnya.

Kamad MAN 3 menambahkan, khusus para guru yang berstatus PNS di lingkungan MA negeri atau swasta, kegiatan ini merupakan indikator kedisiplinan dan etos kerja para guru PNS yang akan dinilai oleh seksi Mapenda.

Sementara itu, pada sesi materi penyusunan perangkat pembelajaran PAI dan Bahasa Arab dipandu oleh Ilda Ruhama, M.Pd selaku Pengawas Pokjawas Kementerian Agama Kota Banjarmasin.

Di sela paparannya, Ilda kembali mengingatkan, beberapa waktu setelah kegiatan ini akan dilakukan monitoring dan evaluasi ke masing-masing Madrasah Aliyah negeri dan swasta sebagai bagian dari implementasi pendampingan Kurikulum 2013.

Dalam kegiatan MGMP tersebut, guru PAI dan Bahasa Arab dibimbing menganalisis kalender pendidikan, menyusun program tahunan dan program semester, penentuan kriteria ketuntasan minimum hasil pembelajaran dan terakhir penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Bahrani, M.Ag, salah seorang guru MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin yang mengikuti MGMP mengaku bersyukur bisa menghadiri forum musyawarah guru ini. “Sebagai guru pengampu PAI kami dapat sharing dan mendapat pedoman penyusunan administrasi sehingga lebih mudah dalam merealisasikan proses pembelajaran,” ujarnya. (Rep/ft : Taufik)

Previous Manda Raih 3 Besar Olimpiade Matematika
Next Telkomsel Loop KePo Sambangi Manda

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.