Pastikan Kesiapan UNBK, Kabid Penmad Kunjungi MAN 2 Model


Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA dan SMK pada hari Senin (04/04/16) mendatang berbagai upaya telah dipersiapkan dengan matang oleh Panitia Penyelenggara UNBK di MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin. Koordinasi secara terus menerus juga dilakukan oleh proktor dan teknisi madrasah melalui Poskom UNBK.

Melihat kesiapan madrasah mendekati hari-H pelaksanaan UNBK, Sabtu siang (02/04/16) Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Drs.H. Noor Fahmi, MM, meninjau langsung persiapan-persiapan yang dilakukan pihak Manda dalam menyelenggarakan UNBK 100 persen. “Melihat detilnya koordinasi yang dilakukan secara intensif pihak panitia madrasah, kami berharap UNBK berjalan sukses dan lancar nantinya,” tutur Noor Fahmi.

Noor Fahmi juga berharap, kedepannya UNBK ini bisa dilaksanakan di seluruh madrasah yang ada di Kota Banjarmasin. Pasalnya, UNBK merupakan salah satu upaya antisipasi pemerintah dalam kebocoran soal termasuk kecurangan lainya dalam Ujian Nasional (UN). Saya yakin siswa Manda sudah familiar dengan perangkat IT dan terbiasa mengerjakan try out online yang berbasis IT,” ungkap Noor Fahmi.

Dalam kesempatan ini, Kabid Penmad juga melihat secara langsung proses sinkronisasi dengan server pusat yang tengah berjalan. Sementara itu, Proktor Utama UNBK Manda, Desy Arnita Dewi, S.Pd., M.Sc menuturkan, pihaknya telah memulai finalisasi server lokal dengan server pusat. Saat sinkronisasi berhasil, pihak panitia langsung bisa mengunduh soal UNBK utama. Kendati demikian, pihak madrasah tetap tidak dapat membuka isi soal yang sudah diunduh. Sebab, untuk membuka soal membutuhkan token yang baru akan dirilis Puspendik pada hari H pelaksanaan ujian, yakni 4 April mendatang. “Puspendik akan merilis token sekitar 15-30 menit sebelum ujian berlangsung,” papar Desy.

Desy melanjutkan token merupakan password untuk membaca soal. Demi keamanan dalam UNBK, Puspendik akan merilis token setiap 15 menit. Apabila ada yang terlambat, siswa akan memasukkan token yang berbeda. (Rep/Ft:Taufik)

Previous PLN Back Up Genset Untuk UNBK MAN 2 Model
Next Sukseskan UNBK, PLN Datangkan Mesin Diesel

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.