Penceramah Ingatkan Keutamaan Menuntut Ilmu dan Menghormati Guru


Banjarmasin (MAN 2 Model) – Setiap orang beriman dan sudah balig dan berakal, diwajibkan untuk menuntut ilmu agama, utamanya menuntut ilmu yang hukumnya fardhu ‘ain,yaitu ilmu Tauhid, ilmu Fiqh dan ilmu Adab atau Tasawuf.

“Dengan ilmu-ilmu tersebut bisa kita ketahui hukum-hukum agama Islam, kewajiban kepada Allah dan Rasul-Nya, kewajiban dengan orang tua dan sesama manusia,” ungkap Ustadz Abdul Gani selaku penceramah pada puncak acara “Semarak Pekan Muharram” 1440 H di Ruang Induk Mesjid Adz-Dzikra MAN 2 Model Banjarmasin, Sabtu (29/09/18).

Di hadapan ratusan peserta didik kelas X, XI dan XII, Ustadz Abdul Gani menjelaskan orang yang memiliki ilmu akan dapat membedakan antara petunjuk dan kesesatan, antara kebenaran dan kebatilan.

“Hormatilah ilmu, karena dengan ilmu kita bisa beribadah yang benar, sehingga akan mengantarkan kita kepada keridhaan Allah SWT,” tuturnya.

Menghormati ilmu, tambah Ustadz Abdul Gani berarti harus menghormati pula orang yang memberi ilmu, yaitu guru. Tanpa pengajaran guru, ilmu tak akan pernah bisa didapatkan oleh si murid. “Guru pasti mendoakan muridnya. Ketika doa guru dan kesungguhan murid sudah bersinergi, Insya Allah keberkahan ilmu akan hadir dengan sendirinya,” tegas Ustadz.

Di sela tausiyahnya, ustadz muda tersebut mengajak para siswa untuk meneladani akhlak Rasulullah SAW. “Mari kita mengikuti dan meneladani akhlak Rasulullah yang menjadi rahmat bagi sekalian alam. Dengan akhlak dan kepribadian yang baik, kita semua dapat membawa kedamaian dalam kehidupan di masyarakat,” pungkas penceramah.

Sebelumnya, Kepala MAN 2 Model Banjarmasin Riduansyah, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan pentingnya membentuk karakter, watak dan perilaku siswa melalui kegiatan-kegiatan spiritual keagamaan.

“Inti dari peringatan tahun baru Hijriah adalah pada perubahan, maka momen pergantian tahun harus kita jadikan sebagai saat untuk berubah menjadi lebih baik,” tutur Kamad.

Puncak kegiatan Semarak Pekan Muharram diawali dengan pelaksanaan Sholat Hajat serta pembacaan syair-syair Maulid Al-Habsyi yang dibawakan Majelis Maulid Habsyi Hijratul Khairat. Acara berlangsung khidmat dari pukul 07.30 s.d 10.00 Wita dan dihadiri Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah serta tenaga pendidik dan kependidikan.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan Semarak Pekan Muharram di MAN 2 Model Banjarmasin dimeriahkan dengan aneka lomba bernuansa Islami, 25 s.d 27 September 2018. Adapun cabang yang diperlombakan yaitu Lomba Adzan, Lomba Nasyid, Kaligrafi, Tahfidz Al-Qur’an, Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an. (Rep/ Ft : Taufik)

Previous MAN 2 Model Gelar In House Training Penilaian Berbasis HOTS
Next Guru MAN 2 Model Dibekali Pelatihan Computer Based Test

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.