Perkuat Program Kejuruan Madrasah, AHM Kunjungi MAN 2 Model


Banjarmasin – MAN 2 Model. Sebagai bentuk penguatan program keterampilan dan kejuruan yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda, PT Astra Honda Motor (AHM) Jakarta bersama main dealer Honda PT. Trio Motor melakukan visitasi ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin, Sabtu (28/10/17).

Perwakilan PT. AHM dipimpin Deputy Head of Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin‎, didampingi Technical Service Development (TSD) PT Trio Motor Kustiono, disambut di Ruang Kerja Kepala Madrasah oleh Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Sarana Prasarana Ahmad Syamsuri, S.Pd serta Kepala Bengkel Keterampilan Otomotif Imam Kasturi, S.Pd.

Di pengantarnya, Ahmad Muhibbuddin mengatakan visitasi dimaksudkan untuk mengetahui lebih jauh program kejuruan atau keterampilan TSM yang dikembangkan di Madrasah. “Selama ini, program kejuruan dan keterampilan identik dengan Sekolah Kejuruan atau SMK di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkapnya.

Peningkatan kualitas program TSM Honda khususnya di MAN 2 Model menurut Muhib perlu ditingkatkan, sehingga para lulusannya bisa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri,” tambah Muhib yang juga merupakan Ketua Program Pendidikan Satu Hati AHM.

Untuk itu lanjut dia, madrasah yang menjadi binaan Honda harus mengikuti standarisasi yang sudah ditentukan AHM, mulai dari ruang praktek, kelengkapan sarana, unit sepeda motor yang bervariasi serta tools dan equipment yang lengkap sesuai dengan yang disyaratkan AHM serta keberadaan tenaga pengajar atau guru yang harus dipenuhi.

“Melalui proses monitoring dan evaluasi yang efektif, AHM terus berupaya mendukung implementasi TSM di sekolah-sekolah binaan Honda,” tutupnya.

Sementara Kepala Bengkel Keterampilan Otomotif Imam Kasturi, S.Pd menjelaskan secara resmi MAN 2 Model ditunjuk menjadi madrasah penyelenggara program keterampilan melalui Surat Keputusan Menteri Agama melalui Dirjen Pendis dengan Nomor : 4924 tanggal 2 September tahun 2016.

MAN 2 Model Banjarmasin juga satu-satunya madrasah yang menjalankan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda melalui kesepakatan bersama antara pihak Madrasah dengan PT. AHM yang ditandatangani pada tanggal 7 Oktober 2014 lalu.

“Pihak madrasah merasa terbantu oleh pihak Honda agar nantinya lulusan TSM di MAN 2 Model mampu bersaing di dunia kerja karena sudah mengenal teknologi terbaru sepeda motor khususnya sepeda motor merk Honda,” ujarnya.

“Dengan masuknya Kurikulum TSM Honda anak didik kami jadi bisa lebih bersaing di dunia industri otomotif sepeda motor. Terima kasih kepada PT. AHM dan Honda Trio Motor,” tukas Imam.

Di kesempatan berikutnya, rombongan PT. Astra Honda Motor meninjau tempat bengkel TSM MAN 2 Model yang masih dalam tahap renovasi, dan melihat ketersediaan alat dan prasarana yang tersedia. (Rep/ Ft : Taufik)

Previous Meriahkan Bulan Bahasa, MAN 2 Model Gelar Berbagai Kegiatan Edukatif
Next Drum Corp Genderang Irama MAN 2 Model Sabet 5 Tropi JOMC VI

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.