Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin Finalis Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional


Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin masuk Nominasi Finalis pada Lomba Perpustakaan SLTA/Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020.

Hasil tersebut diketahui setelah Penutupan Grand Final dan Pengumuman Pemenang Lomba Perpustakaan SLTA/Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020 secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting, di Ruang Induk Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin, Selasa (20/10/20).

Nominasi pemenang diumumkan Tim Juri Tingkat Nasional Lomba Perpustakaan SLTA/Madrasah Tahun 2020 melalui acara seremonial yang turut dihadiri Ketua Komisi X DPR RI H. Syaiful Huda dan Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs.Muh. Syarif Bando, MM.

Disambutannya, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Drs. Deni Kurniadi, M. Hum selaku Panitia Pelaksana menyampaikan pelaksanaan Grand Final dengan agenda pengumuman pemenang dilakukan secara online. Tim juri melakukan penilaian meliputi manajemen perpustakaan, SDM, sarpras, koleksi perpustakaan, pengorganisasian, layanan perpustakaan, anggaran, promosi dan kerjasama.

“Rangkaian akhir seluruh proses penilaian dilakukan melalui kunjungan lapangan secara online kelimabelas perpustakaan dan madrasah yang lolos di tingkat Nasional pada 25 September lalu,” ungkap Deni.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs.Muh. Syarif Bando, MM. dalam sambutannya menyampaikan hakikatnya dalam lomba perpustakaan bukan esensi untuk mendapat piala atau juara. Akan tetapi bagaimana mendorong keberadaan perpustakaan menjadi inspirasi, mendorong penguatan literasi di sekolah atau madrasah di seluruh Indonesia.

Syarif Bando juga berharap ada sinergitas antar komunitas, antar wilayah dan provinsi. Sehingga bisa memotivasi atau menjadi trigger bagi daerah lain agar lebih maju. “Tidak cukup hanya mengeluh atau mencari perhatian, tapi perpustakaan harus jadi pusat perhatian karena kreativitas,” tekannya.

Usai kegiatan, Kepala Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin Fathiah, menyampaikan rasa syukur dan kebanggaan karena bisa menjadi finalis Lomba Perpustakaan SLTA/ Madrasah Tingkat Nasional. “Meskipun belum berhasil meraih juara, namun kami akan berusaha terus berproses agar lebih baik lagi. Meningkatkan apa yang sudah diraih dan memperbaiki kekurangan yang ada,” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala MAN 2 Kota Banjarmasin, Abdul Hadi, M.PKim turut mengapresiasi raihan prestasi yang telah dicapai oleh Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin. “Harapan saya ke depannya, Perpustakaan lebih meningkatkan kualitas layanan dan sarana penunjang lainnya kepada siswa maupun masyarakat luas,” pungkasnya.

Penulis : Taufik
Foto : Taufik
Editor / Redaktur : yanti

Previous Nahkoda Baru Pimpin MAN 2 Kota Banjarmasin
Next Pengurus Baru OSIM dan MPK MAN 2 Kota Banjarmasin Resmi Dilantik

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.