Info Sekolah
Jumat, 19 Jul 2193
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan

Penjelasan Umum

Penjelasan Umum Terkait PPDB Online MAN 2 Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2024/2025

A. Latar Belakang
MAN 2 Kota Banjarmasin merupakan satu-satunya madrasah di Kota Banjarmasin yang ditetapkan oleh Kementerian Agama RI sebagai madrasah yang dapat menyelenggarakan dan mengembangkan program keterampilan bagi peserta didiknya, secara berkesinambungan terus berpacu dalam peningkatan kualitas pelayanan pendidikan. Salah satu misi MAN 2 Kota Banjarmasin adalah ” Mengembangkan budaya berprestasi bagi peserta didik di bidang akademik maupun non-akademik”.

Untuk melaksanakan misi tersebut MAN 2 Kota Banjarmasin berupaya melakukan seleksi calon peserta didik yang memiliki potensi baik dengan tujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang keimanan dan Ketaqwaan (IMTAQ), menguasai ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, untuk memberikan panduan penerimaan peserta didik baru Jalur Khusus MAN 2 Kota Banjarmasin menerbitkan Petunjuk Teknis pelaksanaan kegiatan dimaksud.

B. Tujuan
Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Khusus (Pengembangan Prestasi, Pengembangan Bakat/Minat) Tahun Pelajaran 2024/2025 bertujuan untuk memberikan pedoman bagi panitia PPDB, orang tua siswa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan lainnya dalam rangka pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di MAN 2 Kota Banjarmasin.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Prestasi, Ma’had, dan Jalur Reguler.

D. Jalur Seleksi
PPDB MAN 2 Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2024/2025 dilaksanakan melalui 3 (tiga) jalur yaitu Jalur Prestasi, Jalur Ma’had, dan Jalur Reguler. Jalur prestasi terdiri dari : a) Prestasi Akademik (Prestasi Belajar), b) Prestasi hasil perlombaan/pertandingan baik akademik maupun non akademik, dan c) Prestasi hafalan Al Qur’an.

1. Jalur Prestasi
Jalur Prestasi prestasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi di bidang akademik, lomba/pertandingan, dan hafalan Al Qur’an.

a. Prestasi Akademik
Jalur seleksi akademik adalah seleksi yang diselenggarakan bagi peserta didik yang memiliki prestasi akademik (nilai raport) semester 1 sd 5 pada jenjang pendidikan sebelumnya 5 poin di atas nilai KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika, dan nilai Pendidikan Agama Islam (PAI dan Bahasa Arab (untuk peserta didik MTs). Misalnya KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia nya 75 maka nilai Bahasa Indonesia nya wajib minimal 80.

b. Prestasi Perlombaan/Pertandingan
Jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan adalah seleksi yang diselenggaraan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi hasil perlombaan/pertandingan di bidang Akademik dan/atau Non Akademik untuk Juara I, II, III, harapan I, Harapan II, Harapan III yang diperoleh pada kejuaraan di tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, tingkat Nasional, atau Internasional. Prestasi untuk kurun waktu Juli 2021 sd April 2024. Prestasi di bidang akademik dibuktikan dengan perolehan medali atau piagam atas sertifikat tingkat internasional, nasional, provinsi, atau kab/kota pada lomba:
a) Kompetisi Sanins Madrasah (KSM);
b) Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES);
c) Kompetisi Sains Nasional (KSN);
d) Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN);
e) Kompetisi sejenisnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan, Kementerian lainnya, LIPI, dan Perguruan Tinggi Terakreditasi dalam atau luar negeri atau lembaga profesional lain yang bekerjasama dengan madrasah/sekolah.

c. Prestasi Hafalan Al Qur’an
Jalur prestasi hafalan Al Qur’an adalah seleksi yang diselenggarakan bagi peserta didik yang memiliki hafalan Al Qur’an minimal 2 Juz yang dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah tahfiznya atau surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah dan tes hafalan dari penguji di MAN 2 Kota Banjarmasin.

2. Jalur Ma’had
Ma’had At Tanwir MAN 2 Kota Banjarmasin merupakan salah satu sistem pembelajaran di MAN 2 Kota Banjarmasin yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang ingin memperdalam ilmu agama Islam di samping pembelajaran yang sudah ada di MAN 2 Kota Banjarmasin dan saat ini dikhususkan untuk calon peserta didik putra. Pembelajaran di Ma’had At Tanwir ini dilaksanakan secara berasrama, di mana seluruh peserta didik tinggal dan menginap di asrama. Pembelajaran tambahan berupa  program ma’had dilaksanakan pada sore dan malam hari.

3. Jalur Reguler
Jalur reguler adalah jalur seleksi yang diselenggarakan bagi seluruh calon peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikannya di MAN 2 Kota Banjarmasin.

Info Sekolah

MAN 2 Kota Banjarmasin

NPSN 30315579
Jalan Pramuka Komplek Semanda RT 20 No 28
TELEPON0511-3258164
EMAILman2kotabjm@gmail.com
WHATSAPP081521515513

Pengumuman

Terbit : 18 April 2024
Penerimaan Calon Peserta Didik Baru Jalur Prestasi dan Ma’had
MAN 2 Kota Banjarmasin merupakan satu-satunya madrasah di Kota Banjarmasin yang ditetapkan oleh Kementerian Agama..