Puskesmas Terminal Gelar Sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah


Banjarmasin – MAN 2 Model. Petugas kesehatan dari Puskesmas Terminal, Jalan Pramuka Banjarmasin melakukan sosialisasi sekaligus Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) kepada para siswi kelas X, XI dan XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin, di aula PSBB MAN 2 Model, Selasa (03/10/17).

Dipaparannya, Petugas Kesehatan Puskemas Terminal Erna Juraidah, AMG mengungkapkan Tablet Tambah Darah dinilai penting untuk meningkatkan gizi remaja putri agar dapat mencegah anemia serta meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh.

Dijelaskan Erna, anemia adalah suatu kondisi tubuh dimana kadar Hemoglobin/Hb dalam darah lebih rendah dari normal. Gejala Anemia yang sering ditemui adalah 5 L (Lesu, Lemah, Letih, Lelah, Lalai), biasanya disertai dengan sakit kepala, pusing, berkunang-kunang, mudah mengantuk, cepat capai, dan sulit konsentrasi.

“Bila Anemia sudah parah, muka, kelopak mata bagian dalam, bibir, kulit, dan telapak tangan akan terlihat pucat,” jelasnya.

Pembagian tablet difokuskan pada para siswi karena menurut Erna, remaja putri pada usia SLTA sederajat rentan terkena anemia, baik karena aktivitas fisik yang banyak,asupan makanan yang kurang mencukupi kebutuhan gizi, gaya hidup kurang sehat, atau kombinasi faktor-faktor tersebut.

Pembagian dilakukan secara simbolis kepada beberapa siswi yang mewakili teman-temannya. “Kami berharap para siswi memperhatikan kondisi kesehatan mereka dan waspada terhadap ancaman anemia,“ ujarnya.

Ditambahkannya, pemberian tablet tersebut sifatnya sebagai percontohan. “Nantinya para siswa bisa mengkonsumsi apabila dirasa perlu, baik dengan membeli sendiri maupun meminta ke Puskesmas, diberikan gratis,“ terangnya.

Di kesempatan yang sama, Pembina UKS MAN 2 Model, Hj. Fathiah, S.Ag, S.Pd, MM, mengucapkan terima kasih dan menyambut baik program sosialisasi dan pemberian TTD tersebut.

“Mudah-mudahan pihak Puskesmas senantiasa bersedia membangun kerjasama, terutama yang terkait kesehatan remaja, agar siswa madrasah bisa tumbuh sehat, optimal dan bisa berprestasi dengan baik,“ harapnya. (Rep/ Ft: Taufik).

Previous Bawakan Madihin, Duet Siswa MAN 2 Model Juarai Lomba Pentas Seni
Next Jelang Porprov X, Lima Siswa MAN 2 Model Jalani Karantina

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.