Selamat Jalan Kawan, Kami Percaya Pada Anda


(Catatan Ringan Sebelum Berangkat)

Oleh : Akhmad Hasbi Wayhie, M.Pd (Wakamad Humas)

Kita tentu akan bersepakat dengan latar belakang diadakannya Ekspo Madrasah Nasional 2017, yakni dalam rangka mengembangkan Prestasi Pendidikan di Madrasah. Bukankah hal ini merupakan sebuah keniscayaan. Kebijakan yang harus kita dukung dengan semangat kebersamaan. Semangat membangun dan semangat menyemarakan prestasi madrasah melalui lintas bidang keilmuan.
MAN 2 Model Banjarmasin, selaku salah satu peserta Ekspo Madrasah Nasional, yang diselenggarakan di Kota Jogyakarta haruslah memahami semangat yang diusung ini. Menjadikan madrasah lebih baik, lebih baik madrasah. Dengan cara apa? Setidaknya dengan cara menyiapkan segala sesuatunya secara maksimal. Ingat ini even nasional. Ada pertaruhan serta beban yang berat dan besar.
Nah, ketika terkait dengan persiapan ini, akan banyak hal yang mesti dikomunikasikan, dirundingkan dan disepakati agar tercipta kesepamahaman yang sama. Sekurang-kurangnya Tim ini sudah mempunyai desain rancangan stand, produk-produk, serta beberapa informasi yang relevan dan yang terpenting adalah menciptakan sebuah tema.
Hal terakhir itu sangat penting, sebab dari tema inilah keseluruhan tim dapat bergerak sekaligus berpijak hingga menjadikannya arah dan tujuan kegiatan. Desain stand, produk inovatif dan informasi-informasi terkait keberhasilan madrasah tidak boleh terlepas dari tema yang telah disepakati.
Bagaimana cara menetapkan tema? Jika kita menelusuri peserta pameran yang diantaranya terdiri dari tipologi diversifikasi madrasah yakni madrasah akademik dan riset, madrasah penyelenggara program keterampilan, madrasah keagamaan dan madrasah inklusif. Maka, tak ada pilihan lain, madrasah kita haruslah memilih dan menetapkan program-program keterampilan sebagai bahan dasar produk pameran. Setidaknya hal ini akan menjadi linear dengan posisi kita sebagai MAN 2 Banjarmasin Penyelenggara Program Keterampilan. Dengan landasan Hukum Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam dengan nomor-maaf lupa- tahun 2016.
Dengan terpilihnya program keterampilan sebagai perwakilan wajah MAN 2 Banjarmasin sebagai produk unggulan untuk dipamerkan, hal ini akan berimbas pada dua pertanyaan penting. Setidakya terkait dengan tema yang akan diangkat. Pertama apakah tema yang diusung haruslah mewakili seluruh bentuk wajah,tubuh dan kaki MAN 2 Banjarmasin secara keseluruhan ataukah dapat dikerucutkan dengan mendesain tema yang lebih sempit dengan ruang lingkup seputar program keterampilan saja?
Menetapkan pilihan pertama, yakni menggambarkan MAN 2 Banjarmasin secara utuh dan menyeluruh akan mempunyai dampak yakni melebarnya tema. Tidak tajam. Gagal fokus. Dan pada keakhirannya hanya akan mengaburkan sesuatu yang harusnya dapat ditampilkan secara terang-benderang. Tentang kekaburan tema ini bisa dipertanyakan pada Bu Endang dan kawan-kawan pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Bagaimana dengan pilihan kedua. Nampaknya hal ini juga memiliki kekurangan. Fokus pada satu hal berati akan abai pada hal lain. Sementara pada madrasah yang beralamat di Jalan Pramuka ini, segala sesuatu yang berada di luar program keterampilan juga memiliki sederet prestasi yang juga gilang gemilang. Sebut saja diantaranya program keagamaan dengan produk unggulannya Ma’had AT-Tanwir. Sehingga kiranya dapatlah dimaklumi kalau program keagamaan melalui Ma’had AT-Tanwir, terlalu saying untuk tidak diikutsertakan pada ekspo tahun ini.
Akhirnya, tema “Dari Lokal Menyambut Global” kiranya akan mampu menjawab dari keseluruhan pertanyaan. Ada produk desain sasirangan hasil kreasi anak-anak Tata Busana, terdapat Kue Klepon rasa coklat dengan berbagai rancangan kreatif olah kerja anak-anak Keterampilan Tata Boga, iwak samu dan produksi Jamur Tiram produk unggulan keterampilan pertanian. Berbagai teknik dan perawatan kendaraan bermotor serta kemesraan antara Keterampilan Otomotif denga PT Astra Honda yang menjadi ikon Keterampilan otomotif, serta produk-produk keterampilan lainnya yang diharapkan akan menjadi produk yang meluas, menasional dan pada akhirnya mengglobal. Selamat Jalan Kepada TIM EKSPO MADRASAH NASIONAL 2017. Tetap semangat. Tampilkan yang terbaik. Kami percaya pada ANDA.

Previous Puskesmas Terminal Berikan Orientasi Kader Jumantik
Next Habib Ajak Siswa Teladani Akhlak Para Ulama dan Pejuang

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.