Seminar Sukses SNMPTN Bagi Siswa Kelas X


Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan berlangsung dalam waktu dekat. MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin melakukan beragam persiapan guna menghadapi seleksi tersebut. Mulai dari tahapan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) hingga sosialisasi dan motivasi dari alumni yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) telah dilakukan.

Pada kesempatan kali ini, Ganesha Operation (GO) selaku Bimbingan Belajar (Bimbel) terkemuka di kota Banjarmasin, bekerja sama dengan Manda mengadakan bimbingan siswa dalam bentuk seminar.

Acara yang bertema “Seminar Motivasi Sukses SNMPTN” diadakan Selasa (09/02/16) di Aula Manda, dengan dihadiri siswa dan siswi kelas X sebanyak 400 orang.

Acara Seminar Motivasi dibuka Wakil Kepala Bidang Kurikulum Sitti Rostina, M.Pd. Dalam sambutannya, Rostina mengungkapkan kegiatan ini diharapkan mampu menambah semangat dan motivasi siswa dalam meraih prestasi.

“Kegiatan memang sengaja digelar bagi siswa kelas X, kita berharap mereka sudah fokus untuk persiapan SNMPTN sejak dini,” imbuhnya.

Sementara itu, Rahmad Syalehin selaku Kepala Unit GO Wilayah Pramuka dalam paparannya menyampaikan materi tentang sistematika pelaksanaan SNMPTN. Dimulai dari tahapan seleksi, pemilihan PTN dan program studi yang diminati hingga urutan pilihan PTN dan program studi yang merupakan prioritas pilihan siswa.

“Rekam jejak kinerja sekolah juga menjadi salah satu perhitungan bagi pihak universitas dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN,” ungkap Syalehin.

Syalehin juga memaparkan strategi khusus dalam menghadapi SNMPTN. Di GO ujarnya sudah tersedia strategi di antaranya buku SMS (strategi menuju sukses), TST (tutorial service time), EMPATI (mengerjakan empat soal per bidang studi per hari secara mandiri), try out berkala dan online, EPB (evaluasi prestasi belajar), data passing grade setiap jurusan di PTN dan lain – lain.

Di temui di tempat terpisah, Kepala Madrasah Dra. Halimatussa’diah, M.Pd berharap dengan diadakannya acara Seminar Motivasi GO, mampu memotivasi siswa untuk belajar maksimal demi mewujudkan cita-cita yang dinginkan.

“Melalui kegiatan les tambahan atau mengikuti Bimbel, siswa Manda diharapkan siap untuk menghadapi SNMPTN yang akan datang,” tutup Kamad. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Manda Ikuti Sosialisasi SNMPTN 2016
Next Kelas XI Ikuti Seminar Sukses SNMPTN

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.