Siswa MAN 2 Banjarmasin Peserta KSM Online Tingkat Nasional Tahun 2020


Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin mengirimkan enam peserta didik terbaiknya untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Tingkat Nasional 2020, Rabu (11/11/20) di Laboratorium Komputer Madrasah setempat.

Wakil Kepala MAN 2 Kota Banjarmasin Bidang Kesiswaan, Sitti Rostina, M.Pd menyebutkan Kompetisi Sains Madrasah atau KSM merupakan ajang penjaringan prestasi bagi siswa madrasah oleh Kementerian Agama. Semenjak tahun 2019 lomba ini ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi secara online. “Selain itu, pelaksanaan secara online ini juga sebagai bentuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Rostina menjelaskan, sebelum mendaftarkan, para siswa telah diseleksi terlebih dahulu oleh para guru mata pelajaran yang dilombakan seperti Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Ekonomi, dan Geografi.

“Alhamdulillah terpilih enam siswa MAN 2 Banjarmasin yang siap mengikuti KSMO tingkat Nasional. Para peserta kemudian mendapatkan pelatihan khusus dari para pembimbing yang ditunjuk, untuk membantu mereka dalam memahami materi-materi KSMO,” tambahnya lagi.

Di antara siswa MAN 2 Kota Banjarmasin yang mengikuti kegiatan KSMO tersebut, Ahmad Arifin berkompetisi di bidang Matematika Terintegrasi, Nur Haifa Safitri di Mapel Biologi Terintegrasi, M. Syarif Hidayatullah pada Mapel Fisika Terintegrasi.

Kemudian, Muhammad Zaini Na’im pada Mapel Ekonomi Terintegrasi, Ali Akbar Mustaqim pada Mapel Kimia Terintegrasi, dan Neila Rafiqa Rahmi bidang Geografi Terintegrasi.

Salah seorang peserta KSMO, Nur Haifa Safitri mengaku tidak kesulitan mengerjakan soal-soal yang diujikan pada KSM Online tersebut. Kesulitan yang ditemuinya pada soal menggunakan bahasa asing, khususnya bahasa Arab.

“Alhamdulillah mudah karena banyak keluar dari soal-soal tahun lalu. Namun saya kurang memahami soal yang menggunakan bahasa Arab,” ujar siswi yang ikut di bidang Biologi Terintegrasi tersebut.

Senada dengan hal itu, M.Syarif Hidayatullah dan M. Zaini Na’im juga mengungkapkan kesulitan yang dihadapi ada pada penyelesaian soal-soal dengan bahasa Arab. Karena memerlukan pemahaman terhadap bahasa dan menghubungkannya dengan materi terkait.

Pelaksanaan KSMO tingkat Nasional untuk tingkat Madrasah Aliyah dilaksanakan Rabu, 11 November 2020. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 s.d 10.00 WIB dengan Mapel Matematika Terintegrasi dan Biologi Terintegrasi. Sesi ke dua dilanjutkan pada pukul 10.30 s.d 12.30 WIB dengan Mata pelajaran Fisika Terintegrasi dan Ekonomi terintegrasi.

Adapun sesi terakhir dimulai pukul 13.00 s.d pukul 15.00 WIB dengan mata pelajaran Geografi Terintegrasi dan mapel Kimia Terintegrasi.

Penulis : Taufik
Foto : Taufik
Editor / Redaktur : badariah

Previous Siswa MAN 2 Kota Banjarmasin Juara 2 Lomba MTQ Daring Nasional
Next Kamad : Mahasiswa PPL Harus Beradaptasi dengan Pembelajaran Daring

1 Comment

  1. 4 Mei 2021
    Balas

    😊

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.