Siswa MAN 2 Model Ikuti Workshop Jurnalistik


Banjarmasin – Manda, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kalimantan Selatan menggelar acara Workshop Jurnalistik kepada para pelajar selama satu hari di Aula Sekretariat PWI Kalsel, Sabtu (21/11/15).

Workshop jurnalistik ini diikuti sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari delegasi sekolah tingkat SMP/MTs serta SMA/MA di Kota Banjarmasin. Dari MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin diwakili oleh 4 orang siswa yaitu, Halim Mahfidz, Ainul Yakin, M. Radhite Nor Rizki dan Hikmah Rahmawati.

“Pelatihan jurnalistik kepada para pelajar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas dalam bidang jurnalistik melalui pengembangan produk media. Selain itu juga sebagai peningkatan kapasitas penggiat media sekolah,” ungkap Noor Hikmah selaku Ketua Panitia Pelaksana ketika memberikan sambutan.

Dikatakan dia, para peserta ini merupakan para penggiat media di sekolahnya masing-masing, dan workshop jurnalistik ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong pengembangan media sekolah menjadi lebih baik dan kreatif.

“Saya berharap setelah workshop jurnalistik ini, para pelajar itu dapat mengaplikasikannya di sekolahnya masing-masing, sehingga media yang dikelola pelajar tersebut bisa lebih banyak lagi peminatnya, dan juga bisa memotivasi para pelajar itu agar terus menghasilkan karya kreatif melalui tulisannya itu,” ujar Hikmah.

Senada, Ketua IPM Kalsel, M. Abid Mujaddid menuturkan, acara yang digelar selama satu hari ini menghadirkan beberapa materi yang sangat penting, di antaranya ialah dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan berita, dan pengelolaan media di sekolah.

“Kami berharap workshop jurnalistik ini bisa memotivasi kepada para pelajar untuk selalu mengembangkan media di sekolahnya masing-masing. Pelatihan jurnalistik ini juga untuk membangun budaya menulis di antara para pelajar, dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat,” katanya.

Workshop sendiri menghadirkan pemateri; Sandi Firly, jurnalis Media Kalimantan yang menyampaikan dasar-dasar jurnalistik, serta Khairil Anwar dengan paparan seputar teknik dan dasar penulisan jurnalistik.

Kepada tim Humas Manda, salah satu siswa MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin, Ainul Yakin menyampaikan, selama satu hari banyak ilmu yang didapat dari agenda pelatihan jurnalistik ini.

“Alhamdulillah banyak ilmu yang selama ini belum saya ketahui, di sini bisa mendapatkannya, dan hasil dari sini Insya Allah akan kami terapkan untuk media di madrasah,” ungkap Ainul.  (Rep: Taufik/FT: Ainul).

Previous Siswa Dibriefing Jelang Duta TV Goes to School
Next Lingkungan Asri, Siswa Kumpulkan Tanaman dan Bunga

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.