Siswa MAN 2 Model Mantapkan Belajar Table Manners


Banjarmasin – MAN 2 Model. Untuk memantapkan dan mematangkan antara teori dan praktik, 70 orang siswa MAN 2 Model Banjarmasin Program Keterampilan Tata Boga melaksanakan kegiatan belajar table manners atau etika makan, di Ruang Venus Hotel Galaxy Golden Tulip Banjarmasin, Sabtu (26/08/17).

Pengelola Program Keterampilan Tata Boga MAN 2 Model Banjarmasin Hj. Nadjmah Husnayani, S.Pd menjelaskan pembelajaran kali tersebut terasa istimewa selain karena tempatnya di salah satu hotel berbintang, para siswa juga langsung diarahkan manajer makanan, para waiter dan waitress profesional.

Nadjmah menuturkan kegiatan tersebut dalam upaya mengajari siswa bagaimana tata cara makan yang benar. Mulai dari makanan pembuka hingga penutup. “Tidak cukup sampai disitu, juga harus mengetahui cara menggunakan alat-alat makan yang tersedia di meja makan,” ujarnya.

Sementara Food and Baverages Manager (FBM) Hotel Galaxy Golden Tulip, Gerli Sianturi mengungkapkan table manners penting, apalagi ketika menghadiri acara resmi. “Sesuai dengan program tata boga, setelah lulus para siswa bisa bekerja di kantor swasta atau pemerintahan,” ujarnya.

Di paparannya, Gerli menuturkan tidak menutup kemungkinan para siswa nantinya terlibat dalam penyajian di suatu acara, pengelolaan usaha makanan maupun kegiatan penyajian makanan di berbagai ragam kegiatan resmi. “Pembelajaran praktik etika makan ini penting sehingga para siswa nantiya bisa paham dan bisa mempraktikkannya saat bekerja,” terangnya.

Sesi kegiatan diisi dengan pemaparan materi hingga praktik langsung bagaimana etika makan. Mulai dari makanan pembuka hingga penutup. “Teori bukanlah dasar utama yang kami terapkan kepada para siswa, tetapi praktik yang tak kalah penting sehingga siswa paham,” paparnya.

Salah seorang peserta, Nur Syifa mengaku senang dan termotivasi untuk memahami etika dan tata cara makan. “Saya baru tahu bagaimana menggunakan sendok dan peralatan lainnya saat makan pada acara resmi,” ungkapnya.

Siswi kelas XII Agama ini berharap melalui kegiatan ini dirinya dan kawan-kawan mampu meningkatkan keterampilan di bidang tata cara table manners dan kelak mampu menerapkannya di tempat kerja. (Rep/Ft : Taufik)

Previous Ka.Kanwil : ESQ Menjiwai 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama
Next MAN 2 Model Banjarmasin Sambut Studi Banding OSIS SMAN 1 Sampit

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.