Siswa MAN 2 Model Merasa Nyaman dengan UNBK


Memasuki hari ke-4 pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin, Kamis (07/04/16) suasana nampak tertib dan terkendali. Panitia Penyelenggara UNBK tidak menemui kendala yang berarti. Demikian pula para siswa nampak senang dan merasa nyaman dengan ujian berbasis komputer tersebut.

Beberapa siswa yang ditemui Tim Kehumasan, rata-rata mengungkapkan mereka merasa nyaman mengikuti UNBK karena mudah dan praktis, apalagi didukung dengan peralatan yang kondisinya optimal.

Peserta UNBK kelas XII IPS M. Radhite Noor Rizki yang mendapatkan giliran pada sesi 1 mengungkapkan dirinya cukup enjoy mengikuti UNBK. “Memang sempat grogi sebelum masuk ruang ujian namun setelah berada di ruangan saya menjadi nyaman karena semua peralatan dapat beroperasi dengan baik, apalagi kami sudah dua kali mengikuti simulasi UNBK,” tambahnya.

Demikian juga halnya dengan Raden Syahfirda, siswi kelas XII IPA yang ditemui terpisah, dia menyatakan hal yang sama. “Meski soalnya ada yang susah karena jawabannya mirip-mirip, saya selesai lebih cepat. Satu soal saya kerjakan rata-rata selama tiga menit,” ujarnya.

Ketika ditanya antara pilihan ujian manual dengan kertas atau komputer, Raden mengaku merasa lebih senang menggunakan komputer. Sebab, lebih hemat dan jujur. “Ini ujian sesungguhnya, jadi kami fokus memilih jawaban dengan tepat secara mandiri. Pengawasnya juga dari luar. Jadi, tidak mungkin ada kesempatan menyontek,” katanya.

Senada, Hikmah Rahmawati siswi kelas XII Agama pun juga tidak mengalami kendala. Komputer bisa digunakan dengan baik dengan listrik yang terus menyala dan jaringan internet yang stabil. “UNBK memudahkan kami agar tidak lagi mengisi bundaran untuk menulis biodata,” katanya.

“Jawaban yang kami pilih juga tepat karena tidak perlu memindahkan dengan konsentrasi membundari di lembar kertas jawaban,” tambahnya.

Manda sendiri melaksanakan UNBK dengan pembagian 3 sesi, masing-masing sesi dijatah dua jam dan ada satu jam untuk jeda. Pukul 07.30 wita semua peserta sesi 1 sudah memulai UNBK. Sesi 2 mendapat giliran pada pukul 10.30 wita dan sesi 3 memulai UNBK pada pukul 14.00 wita. (Rep/ Ft : Taufik)

 

Previous Siswa Hadapi UNBK Matematika di Hari Ketiga
Next Dua Hari Istirahat, Panitia Lakukan Sinkronisasi UNBK

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.