Siswa MAN 2 Model Training Emotional Spiritual Quotient


Banjarmasin – MAN 2 Model. Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin memenuhi Aula PSBB Jum’at (18/08/17).

Menggunakan seragam putih abu-abu, siswa MAN 2 Model mengikuti In House Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang dikemas dalam ESQ Character Building for Teens.

Kegiatan yang dikemas dalam waktu satu hari mulai dari pukul 07.30 s.d 18.00 Wita, menghadirkan trainer Denny Kurniawan dari ESQ Jakarta lisensi Dr.HC. Ary Ginanjar Agustian. Menggunakan multimedia effect dengan pendekatan quantum learning, interactive lecturing, self reflection, ice breaker dan games.

Denny Kurniawan mengungkapkan perlunya membangun kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa dengan membangkitkan kesadaran diri (self awarness) melalui penghayatan akan keagungan penciptaan semesta dan tujuan penciptaan manusia.

Trainer nasional tersebut juga mengajak para siswa membangun dengan kokoh cara pandang holistik terhadap kehidupan sehingga mereka menyadari bahwa madrasah (belajar) bukan untuk intelektual (materi dan gelar) semata, namun memiliki sebuah tujuan mulia. “Belajar adalah merupakan calling atau panggilan demi pengabdian kepada Dia Yang Maha Pencipta,” ujarnya dalam salah satu sesi training.

Usai kegiatan, salah seorang siswa, Fatimah Jahratun Nisa mengaku sangat senang dan termotivasi untuk berubah menjadi orang yang lebih baik. Menurutnya dengan training ESQ tersebut dia bisa mendapat ilmu baru juga teman-teman baru.

“Saya senang sekali. Dengan pelatihan ESQ ini saya bisa mendapat pencerahan tentang kecerdasan emosional dan spiritual diri saya. Saya bertekad untuk menjadi orang yang bermanfaat dan membahagiakan sesama,” ungkap siswi kelas XII tersebut.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Sitti Rostina, M.Pd, menyebut Training ESQ untuk siswa diselenggarakan sebanyak tiga angkatan. Angkatan pertama bagi siswa Kelas X dilaksanakan Senin (14/08/17), angkatan kedua siswa kelas XII dilaksanakan Rabu (16/08/17), dan angkatan ketiga bagi siswa kelas XI dilaksanakan Jum’at (18/08/17). “Khusus untuk guru dan karyawan MAN 2 Model dilaksanakan Sabtu. Total keseluruhan yang mengikuti training ESQ ini tidak kurang dari seribu orang,” jelasnya.

Sesuai dengan tema, tujuan training ESQ tersebut untuk membangun generasi emas MAN 2 Model Banjarmasin yang berkarakter dan unggul. “Selain itu untuk memperbaiki moral anak-anak bangsa, khususnya siswa-siswi madrasah. Makanya kegiatan ini sangat penting mereka ikuti,” ujarnya. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Quipper Edukasi Indonesia Gelar Sosialisasi di MAN 2 Model
Next Ka.Kanwil : ESQ Menjiwai 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.