Info Sekolah
Senin, 15 Apr 2024
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
11 Agustus 2017

Stand Ekspo Kal-Sel Andalkan Kue Klepon Modifikasi dan Kain Sasirangan

Jum, 11 Agustus 2017 Dibaca 41x Berita Manda

Yogyakarta – MAN 2 Model Banjarmasin. Di gelaran Ekspo Madrasah Nasional yang berlangsung dari tanggal 7 s.d. 12 Agustus di Gedung Multiporpuse UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta, stand Kementrian Agama (Kemenag) Prov.Kalimantan Selatan unggulkan dua produk dari keterampilan tata busana dan tata boga MAN 2 Model Banjarmasin.

Keterampilan Tata Busana menghadirkan ragam produk pakaian dengan aneka desaian berbahan dasar kain sasirangan. Sementara keterampilan tata boga turut memeriahkan dengan produk andalannya kue klepon isi coklat dan kue apam kenari.

Produk unggulan tersebut mampu menjadi magnet perhatian para pengunjung ekspo. Setidaknya, pasca dilakukan seremonial pembukaan oleh Ibu Trisna Willi Lukman Hakim Saifuddin, stand yang bersemboyan Waja Sampai Kaputing itu langsung diserbu puluhan pengunjung.

Terkait akan hal itu, pengampu prakarya Keterampilan Tata Boga MAN 2 Model Banjarmasin Nadjmah Husaini menyatakan dia membuat kue klepon isi coklat dan apam kenari tersebut sebenarnya agar tercipta linearitas antara produk dengan tema stand yang diusung.

“Ketika tema yang disepakati adalah “Dari Lokal Menyambut Global” hal yang langsung terlintas dari Keterampilan Tata Boga adalah membuat kue tradional dengan rasa yang mengglobal. Maka lahirlah produk kue klepon isi coklat dan kue kenari ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Najmah menjelaskan keberadaan kue klepon selaku kue tradisional mutlak dikembangkan. “Kalau selama ini kue khas tersebut sering diisi dengan campuran gula merah, sekarang kami modifikasi dengan rasa coklat. Tujuannya ,ya, agar lebih mengglobal. Bukankah rasa coklat itu merupakan rasa yang universal,” pungkas Najmah.

Sementara Darmalina, pemegang Keterampilan Tata Busana menyatakan rasa syukurnya akan penerimaan dan antusiasme pengunjung terhadap kain sasirangan. “Rata – rata mereka menanyakan keorisinalitasan kain dan membanding-bandingkan harga antara satu jenis kain dengan kain kain yang lainnya. (Rep/ Ft: Hasbi)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MAN 2 Kota Banjarmasin

NPSN 30315579
Jalan Pramuka Komplek Semanda RT 20 No 28
TELEPON0511-3258164
EMAILman2kotabjm@gmail.com
WHATSAPP081521515513

Pengumuman