Study From Home, Siswa MAN 2 Banjarmasin Buat Poster tentang Covid-19


Banjarmasin (MAN 2 Banjarmasin) – Untuk mencegah penularan Covid-19, hingga saat ini para siswa dan tenaga pendidik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin diliburkan, namun proses belajar mengajar tetap dijalankan dalam jaringan (daring) atau berbasis online.

Kepala MAN 2 Banjarmasin mengungkapkan meskipun pembelajaran dilaksanakan di rumah atau study from home, hal ini tidak membuat para siswa dan tenaga pendidik MAN 2 Banjarmasin berhenti berkreasi.

“Belajar di rumah tidak membuat peserta didik merasa jengah. Mereka justru semakin kreatif dan berkomitmen membantu pemerintah untuk melawan Covid-19,” tutur Kamad saat dikonfirmasi, Selasa (05/05/20).

“Caranya bisa bermacam-macam, misalnya melalui seruan moral yang tertuang lewat poster, pamflet atau video yang mereka upload di media sosial,” tambah Kamad.

Seperti yang dilakukan pengampu mata pelajaran Biologi Hj. Dessy Abdumawaty, M.Pd yang memanfaatkan situasi terkini terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memberikan tugas berupa membuat poster terkait virus Corona.

“Awalnya saya membentuk grup Penanggung Jawab (PJ) kelas yang akan meneruskan informasi. Saya memberikan kebebasan ke siswa, mau lukisan tangan atau menggunakan digital. Supaya mereka merasa nyaman saat mengerjakan. Barulah di akhir batas waktu, saya minta siswa mengirimkan hasil karyanya di akun media sosial masing-masing,” jelas Dessy.

Hal yang sama dilakukan Taufikurrahman, S.Pd.I pengampu mata pelajaran Bahasa Arab, turut menugaskan pembuatan pamflet atau poster menggunakan Bahasa Arab untuk menyampaikan informasi pencegahan penyebaran virus corona yang saat ini sedang mewabah.

“Isinya berupa himbauan dan anjuran untuk tetap menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar dengan tetap beraktifitas di rumah masing-masing, serta taat dalam beribadah,” jelas Taufik.

Sementara guru mata pelajaran Bahasa Inggris, Rina Arisyanti, S.Pd membuat final project berupa video pembelajaran dengan tema How to Protect Yourself from Corona Virus Infection. “Upaya yang dilakukan para siswa ini semoga dapat menggugah hati masyarakat untuk bersama-sama melawan dan mencegah penyebaran virus corona,” tutur Rina melalui akun medsosnya.

 Penulis : Taufik
Foto : Taufik

Previous MAN 2 Banjarmasin Buka PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 secara Online
Next Peduli Dampak Covid-19, MAN 2 Banjarmasin Salurkan Bantuan Paket Sembako

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.