Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Mahad At-Tanwir Kunjungi MAN 2 Kota Malang


Kota Malang (MAN 2 Model) – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, baik kualitas pembelajaran maupun pelayanan kepada santri, Pengelola Ma’had At-Tanwir Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin melakukan kunjungan Studi Banding ke Ma’had Al-Qalam MAN 2 Kota Malang, Jalan Bandung No.7 Kota Malang, Jawa Timur, Jum’at (05/10/18).

Delegasi Ma’had At-Tanwir yang dipimpin Ketua Ma’had diterima dengan hangat oleh Ketua Ma’had Al-Qalam MAN 2 Kota Malang, H.Ahmad Taufiq Wahyudi AS, Lc.,M.A di ruang Ketua Ma’had Al-Qalam.

Dipengantarnya, Ketua Ma’had At-Tanwir, Rahmad, S.Pd.I mengungkapkan kunjungan tersebut dimaksudkan selain untuk menyambung tali persaudaraan, juga untuk menjajaki kemungkinan kerjasama peningkatan kualitas pendidikan di madrasah yang sama-sama mempunyai fasilitas Ma’had tersebut.

“Kedatangan kami untuk menyambung tali persahabatan antar Ma’had At-Tanwir MAN 2 Model Banjarmasin dengan Ma’had Al-Qalam MAN 2 Kota Malang yang notabenenya berada di bawah satu atap lingkungan Kementerian Agama,” jelas Rahmad.

Ditambahkannya, kunjungan tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan Madrasah khususnya di Ma’had yang dikelola MAN 2 Model Banjarmasin, baik kualitas pembelajaran maupun kualitas pelayanan kepada santri serta kiat-kiat sukses mengelola Ma’had.

Dipilihnya MAN 2 Kota Malang, jelas Rahmad karena madrasah ex MAN 3 Malang tersebut merupakan sekolah model dengan berbagai prestasi akademik dan non-akademik yang diraih, baik nasional maupun internasional serta ditunjang kelengkapan fasilitas serta dinilai sukses mendesain kurikulum Ma’had yang berbasis pesantren.

“Karena itu, manajemen Ma’had At-Tanwir MAN 2 Model Banjarmasin berupaya menduplikasi keberhasilan Ma’had al-Qolam dalam mendidik siswanya untuk mempelajari Islam secara mendalam sekaligus mempraktikkannya dalam aktivitas sehari-hari,” tutur Rahmad.

Sementara Ketua Ma’had Al-Qalam MAN 2 Kota Malang, H.Ahmad Taufiq Wahyudi AS, Lc.,M.A mengenalkan secara umum Profil Ma’had MAN 2 Kota Malang, Manajemen Ma’had, Sistem Rekrutmen, Pola Pengasuhan dan Pengajaran, Pembiayaan maupun bidang unggulan Ma’had MAN 2 Kota Malang.

Dijelaskannya, jika di madrasah para siswa belajar secara teori, di Ma’had mereka akan diajari agama sebagai kontrol perilaku, memiliki akhlaqul karimah, dan berbagi dengan sesama. Karena semua ilmu tidak akan ada nilainya tanpa diimbangi dengan akhlak yang baik,” ungkapnya.

Di bagian akhir kunjungan, kedua belah pihak saling sharing dan bertukar cinderamata, dilanjutkan peninjauan langsung lokasi dan fasilitas yang ada di Ma’had Al-Qalam MAN 2 Kota Malang. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Siswa Keterampilan Tata Busana Praktek Pembuatan Sasirangan
Next Sarana Evaluasi, Teater Tunas Banua Gelar Pentas Pamit

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.