Try Out, Tolak Ukur Kesiapan Siswa Jelang UN


Sebanyak 326 siswa peserta Ujian Nasional (UN) Tahun 2016 MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin mulai Selasa (09/02/16) mengikuti Try Out (TO) atau Pra Ujian Nasional (UN) Tingkat SMA/MA dan sederajat yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kurikulum, Sitti Rostina, M.Pd., Try Out merupakan tolak ukur kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional yang sebenarnya.Try Out juga membuat siswa menjadi lebih siap dan matang secara mental.

“Dalam Try Out ini tidak ada tuntutan bagi siswa untuk mendapatkan hasil tertentu, karena sejak awal, Try Out sendiri memang ditujukan untuk menguji coba kemampuan para calon peserta UN,” ungkap Rostina di sela mengontrol pelaksanaan Pra UN di sejumlah ruang.

“Try Out dilaksanakan dalam rangka memberikan latihan dan membiasakan siswa menghadapi soal-soal UN 2016. Siswa diberikan pembiasaan untuk tidak canggung ketika menjawab,” jelasnya lagi.

Pelaksanaan TO UN hari pertama dimulai pukul 08.00 Wita dengan mata pelajaran yang diujikan pada jam pertama adalah Bahasa Indonesia untuk semua jurusan, sedang jam kedua Kimia untuk jurusan IPA, Sosiologi untuk jurusan IPS dan Fiqih untuk jurusan Agama.

“Masing-masing mata ujian berlangsung selama 2 jam efektif atau 120 menit, setiap ruang ujian berisi maksimal 20 orang peserta dan dirancang seperti UN sebenarnya,” pungkas Rostina.

Kegiatan Try Out hari pertama berlangsung dengan tertib dan lancar. Saat ujian berlangsung, terlihat para siswa menjawab tiap-tiap soal dengan tekun. Sementara sejumlah guru yang ditunjuk sebagai pengawas terlihat mengawasi dengan sungguh-sungguh. Meski terdapat kekurangan kecil secara teknis seperti kekurangan Berita Acara dan Daftar Hadir Peserta, namun hal tersebut dapat segera diatasi petugas. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Kamad Manda Apresiasi Prestasi Subbag Inmas Kalsel
Next Manda Ikuti Sosialisasi SNMPTN 2016

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.