Tunas Banua Lolos Kurasi Festival Teater Pelajar Tingkat Nasional


Banjarmasin (MAN 2 Model) – Grup Teater Tunas Banua Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin dipastikan akan kembali berlaga di event nasional bagi pelajar di kompetisi kesenian, setelah dinyatakan lulus tahap Kurasi pada Festival Teater Pelajar (FTP) SMA/MA/sederajat tingkat Nasional Tahun 2018.

Pembina Ekskul Seni dan Seni Budaya Satria Maharini, S.Pd membenarkan grup teater binaannya akan unjuk penampilan dilomba yang diselenggarakan Teater Sendratasik Universitas Negeri Surabaya (UNESA), di Gedung Pertunjukan Sawunggaling Surabaya 23 s.d 26 Oktober 2018 mendatang.

Satria mengungkapkan Festival Teater Pelajar merupakan festival teater yang berskala nasional dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari para siswa, akademisi dan masyarakat luas. “Suatu keberuntungan grup Teater Tunas Banua MAN 2 Model bisa lolos dan terpilih sebagai salah satu peserta festival bersaing dengan peserta dari provinsi lain di Indonesia,” ujarnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (30/08/18).

Guru Seni Budaya tersebut menambahkan festival dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari dan diikuti puluhan grup Teater SMA/SMK/MA se-Nusantara yang terpilih dari seleksi Kurasi yang diadakan pada bulan Juli 2018.

“Kami memohon doa dan dukungan dari berbagai pihak agar Teater Tunas Banua sukses membawa nama baik madrasah, sekaligus mengharumkan nama daerah di ajang Nasional,” harapnya.

Sementara Ketua Teater Tunas Banua Rudi Maulana mengungkapkan pihaknya akan terus berupaya melestarikan tradisi dan produktivitas Teater Tunas Banua yang kesekian kalinya yang akan berlaga di ajang festival nasional.

Diungkapkannya, grup Teater MAN 2 Model pernah menjadi jawara pada Festival Teater Pelajar di Semarang, Jawa Tengah tahun 2016 lalu. Saat itu, mereka sukses memboyong dua gelar sekaligus yakni artis terbaik dan penyaji terbaik ketiga. “Sedangkan pada tahun 2017 lalu, Teater Tunas Banua juga berpartisipasi pada Festival Teater Remaja Nasional atau FTRN di ISI Yogyakarta,” tambahnya lagi.

Dari pengumuman yang dirilis panitia, sebanyak 43 grup teater dari SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia yang dinyatakan lolos Kurasi pada FTP 2018 di antaranya dari Sumatera Utara, Riau, Lampung, Bandung, Surakarta, Banyuwangi, Sidoarjo, Surabaya, Trenggalek, Tuban, NTB, NTT, Manado, Sulawesi Tengah, Jember, Kediri, Lamongan, Malang, Mojokerto, Jombang, Madura, Tanjungpinang, Situbondo, Nganjuk, Probolinggo dan Minahasa.

Para peserta akan memperebutkan total hadiah jutaan rupiah dan berbagai kategori juara di antaranya 3 Penyaji Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor dan Aktris Terbaik, Naskah Terbaik, Artistik Terbaik dan gelar Juara Favorit. (Rep/ Ft : Taufik)

Previous Gelar Sosialisasi, Ombudsman Kalsel Harap Partisipasi Siswa
Next Pengurus Baru OSIM dan MPK MAN 2 Model Resmi Dilantik

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.