Info Sekolah
Jumat, 12 Apr 2024
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
  • MAN 2 Kota Banjarmasin Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan
5 Maret 2024

UKK OPKOM MAN 2 Banjarmasin Kerjasama Dengan Instansi Dan Dunia Usaha Dunia Industri

Sel, 5 Maret 2024 Dibaca 21x Berita Manda

Banjarmasin (MAN 2 Kota Banjarmasin) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin bekerjasama dengan instansi/lembaga dan Dunia Usaha Dunia Industri (Du/Di) melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk peserta didik kelas XII Program Keterampilan Operator Komputer (Opkom) Perkantoran dan Multimedia, pada Selasa, (05/03/24) bertempat di Ruang Laboratorium Komputer.

Kepala Bengkel Keterampilan Komputer, Zainal Muttaqien,S.Ag, M.Pd.I mengungkapkan bahwa Program Keterampilan Operator Komputer Perkantoran dan Multimedia bertujuan menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten di bidang bisnis dan manajemen untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan pendidikan lebih lanjut.

“Melalui program keahlian Opkom dan Multimedia, kami membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam melaksanakan standar kompetensi kejuruan bidang administrasi perkantoran dan multimedia desain grafis,” jelasnya.

Zainal menambahkan, pihak madrasah telah menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan sejumlah instansi dan Du/Di sebagai penguji eksternal dalam pelaksanaan UKK guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan siswa.

“Untuk Opkom kita menggandeng SMK Negeri 3 Banjarmasin dan lembaga LPK IPTEK Banjarmasin, sedangkan untuk Multimedia kita melibatkan pihak ZenCo Media Tanah Laut, selaku penguji eksternal,” ujarnya.

Untuk materi Uji Kompetensi Operator Komputer Perkantoran yang diujikan adalah Pembuatan Proposal, Laporan Keuangan Sederhana, Presentasi Laporan Magang dan Pembuatan Website Sederhana. Penugasan dalam bentuk mengerjakan soal Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint dan pembuatan website CMS WordPress.

Sedangkan Uji Kompetensi Multimedia adalah pembuatan poster film dan Pemilu Damai 2024 dengan aplikasi CorelDRAW dan Adobe Photoshop.

Adapun peserta yang mengikuti UKK Operator Komputer Perkantoran berjumlah 164 orang dan 31 orang program Multimedia. Praktik UKK sendiri dilaksanakan sebanyak 2 sesi dengan menggunakan 4 ruang laboratorium komputer.

Penulis : Taufik
Foto : AlKamal
Redaktur/Editor: Husna

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MAN 2 Kota Banjarmasin

NPSN 30315579
Jalan Pramuka Komplek Semanda RT 20 No 28
TELEPON0511-3258164
EMAILman2kotabjm@gmail.com
WHATSAPP081521515513

Pengumuman