UNBK Bahasa Inggris, Siswa Gunakan Headset


Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Model (Manda) Banjarmasin hari terakhir, Selasa (12/04/16) mengujikan mata pelajaran bahasa Inggris untuk jurusan IPA, IPS dan Agama.

Proktor Utama UNBK, Desy Arnita Dewi, S.Pd, M.Sc mengungkapkan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, persiapan lebih banyak dibandingkan Mata Pelajaran (Mapel) yang lain, di mana pada UNBK bahasa Inggris setiap peserta (client) harus memakai headset untuk listening (ujian menyimak).

“Tugas proktor harus memastikan headset berfungsi dengan baik, begitu juga aplikasi chrome sudah bisa digunakan untuk menjalankan soal listening bahasa Inggris,” terang dia.

Desy menambahkan, sebelum pelaksanaan UNBK semua headset harus sudah dalam kondisi tertancap pada port audio out komputer klien, sebab, jika headset dipasang setelah komputer dinyalakan ada kemungkinan suara dari soal UNBK tidak bisa terdengar oleh siswa.

Dari pantauan tim Kehumasan, UNBK bahasa Inggris berjalan dengan baik dan siswa merasa terbantu dengan keberadaan headset. Salah seorang peserta, Rajib Syah siswa kelas XII IPA mengaku penggunaan headset memudahkan karena siswa fokus mendengarkan, tidak terganggu oleh suara-suara lain yang ada di dalam maupun di luar ruangan. “Suara pun lebih jernih karena masing-masing punya headset sendiri,” ungkap Rajib usai sesi pertama.

Sementara itu, Najwa Amaliah siswi kelas XII Agama mengaku UNBK bahasa Inggris lebih baik karena soal listening dapat dikerjakan sendiri-sendiri, sesuai keinginan peserta, tidak berbarengan di awal seperti yang dilakukan pada UN biasa. “Dengan mendengar sendiri-sendiri, saya lebih dapat menentukan waktu yang paling tepat untuk memulai listening,” tutur Najwa yang berada di sesi kedua. (Rep/Ft:Taufik)

Previous MAN 2 Model Akan Terapkan PPDB Semi Online
Next Hingga Hari Terakhir, Pelaksanaan UNBK Berlangsung Lancar

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.