UNBK Dua Hari Lagi, Sinkronisasi Soal Beres


Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tinggal dua hari lagi. Pihak Panitia Penyelenggara UNBK MAN 2 Model (Manda) Banjarmasin memastikan semua server sudah melakukan sinkronisasi (pengunduhan) soal UNBK. Teknisi Utama Zainal Muttaqien, S.Ag, M.Pd.I memastikan, Minggu malam proses sinkronisasi baru selesai, sehingga UNBK hari Senin dan Selasa bisa dilaksanakan. Senin (11/04/16).

Kendati sempat mengalami pengunduran dari jadwal semula Minggu (11/04/16) pukul 14.00 Wita, proses sinkronisasi berhasil dilakukan pada pukul 20.00 Wita malam. “Alhamdulillah waktu sinkronisasi yang diberikan puspendik bisa kita lakukan kendati molor dari jadwal semula,” jelas dia.

Zaenal menambahkan pihaknya sudah menyelesaikan pengunduhan atau sinkronisasi 4 server dengan kisaran waktu sinkronisasi tercepat selama 30 menit untuk setiap server, karena jaringan yang dimiliki lancar, sehingga semua server bisa disinkronisasi bersamaan.

“Proses sinkronisasi ini dilakukan ketika keadaan server sudah aktif, yang berarti sudah terhubung dengan pusat, lalu mulai dilakukan pembaruan sistem dan melindunginya. Kemudian dilakukan sinkron ulang atau mengunduh ulang data hari kelima dan keenam,” kata dia.

“Mulai dari persiapan hingga berakhirnya sinkronisasi sekitar pukul 21.30 Wita, keadaan server masih dalam status aktif, sehingga andaikan belum selesai melakukan sinkronisasi, proses masih bisa dilanjutkan selama datam status aktif,” terangnya.

Untuk pelaksanaan UNBK hari kelima, Senin (11/04/16) terdapat tiga sesi jadwal yang dikeluarkan pusat, yaitu mulai pukul 07.30-09.30, pukul 10.30-12.30 dan 14.00-16.00 Wita dengan mengujikan mata pelajaran Fisika untuk jurusan IPA, Ekonomi untuk jurusan IPS dan Tafsir untuk jurusan Agama. Sedangkan hari Selasa (12/04/16) mengujikan mata pelajaran Bahasa Inggris untuk semua jurusan. (Rep/ Ft : Taufik).

Previous Polresta Banjarmasin Koordinasi Keamanan UNBK
Next MAN 2 Model Akan Terapkan PPDB Semi Online

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.